Image

Proyek "Kotor" Transjakarta Bakal Sandera Jokowi

Arief Setyadi , Jurnalis · Selasa, 11 Maret 2014 - 08:03 WIB

JAKARTA - Proyek "kotor" pengadaan Bus Transjakarta bisa jadi batu sandungan bagi Joko Widodo (Jokowi) jika maju sebagai calon presiden. Jika terpilih, proyek yang disinyalir ada korupsi itu akan jadi senjata lawan politik untuk menyerang Jokowi.

"Kalau nanti proses hukumnnya berjalan tentu akan mengganggu, bukan hanya pencapresan tetapi juga kredibilitasnya," kata Direktur Eksekutif Political Communication Institute (PolcoMM Institute), Heri Budianto, kepada Okezone, Senin (10/3/2014), malam.

Menurut Heri, citra Jokowi yang selama ini positif, bukan tidak mungkin dengan mencuatnya kasus ini akan terpuruk. "Saya pikir siapapun itu tokohnya, bukan hanya Jokowi pasti dapat hukuman dari publik," tandasnya.

Heri menuturkan, kalau memang nantinya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan adanya keterlibatan orang nomor satu di Jakarta itu dalam proyek pengadaan Bus Transjakarta tentu akan sangat mengecewakan pendukungnya.

"Tokoh muda seperti Jokowi harus memberikan contoh, kalau tersandung kasus seperti Anas Urbaningrum, dan Nazaruddin, publik tentu nanti bakal menilai sendiri," tukasnya.

Seperti diketahui, pengadaan 656 Bus TransJakarta yang menelan anggaran Rp848 miliar diduga ada kerugian negara mencapai Rp3,8 miliar. Michael Budi Putranto, bekas tim sukses pemenangan Jokowi diduga terlibat.

(trk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming