nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Universitas Udayana Dilirik Jero Wacik

Rohmat, Jurnalis · Senin 17 Maret 2014 19:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 03 17 373 956549 Hb45OSKrn1.jpg Menteri ESDM Jero Wacik. (Foto: Okezone)

DENPASAR - Badan Litbang Kementerian Energi Sumber Daya Mineral ESDM dan Universitas Udayana Bali melakukan penandatanganan nota kesepahaman untuk pengembangan sumber daya manusia SDM dan penelitian.

Kerja sama dua institusi tersebut disaksikan Menteri ESDM Jero Wacik dan Rektor Prof Ketut Suastika di Kampus Pusat Unud Bukit, Jimbaran, Senin (17/3/2014).

Jero menyambut baik penandatanganan nota kesepahaman itu yang diharapkan akan dapat membantu pengembangan penelitian ke depan maupun untuk mahasiswa berprestasi. Selain itu, juga dilakukan peresemian kompleks Laborotorium Agro Unud.

"Nantinya ESDM akan memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang sudah lulus sertifikasi bidang energi," jelasnya.

Dia menambahkan, salah satu penelitian yang akan mendapat dukungan ESDM, untuk pengembangan energi baru dan terbarukan dalam mendukung Bali mandiri energi.

Juga, pengembangan gas di mana selama ini potensi kotoran hewan ternak belum banyak dimaksimalkan sebagai energi gas. Karenanya, pusat penelitian di Unud akan menjadi tempat tepat untuk pengembangan energi alternatif di masyarakat.

Yang membanggakan, Jero juga bertemu dengan sekira 1.000 mahasiswa Unud yang mendapat beasiswa bidikmisi yang menjadi perhatian Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan dijalankan lewat program Kemendikbud.

Mereka yang mendapat beasiswa yang lebih banyak dari keluarga kurang mampu memiliki indeks prestasi 4,0 atau 3,9. Mereka tinggal dibekali dengan pendidikan budi pekerti yang baik sehingga nantinya setelah lepas sarjana mereka bisa menjadi pemimpin yang baik.

Rektor Unud Suastika, bersyukur karena kampusnya dipilih sebagai salah satu yang akan dijadikan untuk pengembangan enegeri baru dan terbarukan.

"Kami berharap ini tidak saja bisa menggairahkan dunia penelitian di perguruan tinggi, juga agar kampus kami bisa mandiri dalam energi," imbuh Suastika.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini