Modus 'Tanya Alamat', Jajang Sukses Menjambret 20 Kali

Tri Ispranoto, Okezone · Selasa 18 Maret 2014 13:08 WIB
https: img.okezone.com content 2014 03 18 526 956887 jx7U47vJSy.jpg Spanduk imbauan waspada aksi penjambretan di Bandung (Foto: Okezone)

BANDUNG - Jajaran Satreskrim Polrestabes Bandung berhasil meringkus dua dari empat pelaku penjambretan yang beraksi di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Seorang pelaku terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas karena menyerang polisi dengan senjata tajam.

Kasat Reskrim Polrestabes Bandung, AKBP Nugroho Arianto, menyebutkan, dua orang tersebut adalah Jajang dan Aldo.

“Awalnya kami dapat informasi ada penjambretan di minimarket di Dago. Kami lakukan penyelidikan dan pengejaran, akhirnya kami temukan mereka di dekat SMAN 5, Jalan Belitung,” jelas Nugroho, Selasa (18/3/2014).

Saat ditangkap, lanjut dia, Jajang tiba-tiba menyerang petugas dengan senjata tajam. Polisi pun memberikan tembakan peringatan, namun tak dihiraukan. Akhirnya, Jajang dilumpuhkan dengan timah panas di bagian betis kanan. Pihaknya masih memburu dua pelaku lainnya, yakni AN dan SA.

“Kami mendapat barang bukti golok, tas, dompet, empat telefon genggam, dan beberapa isi tas korban lainnya,” bebernya.

Nugroho menjelaskan, para pelaku menjambret dengan berpura-pura menanyakan alamat pada korban. Saat korban lengah, pelaku langsung merebut tas korban. Bila korban melawan, para pelaku tak segan-segan melukai korban dengan senjata tajam.

Sementara itu, Jajang mengaku sudah 20 kali menjambret menggunakan modus tersebut.

“Pura-pura tanya alamat, terus ambil tasnya,” kata pria yang baru sebulan lalu keluar dari penjara itu.

Sebelum beraksi, Jajang mengaku menenggak minuman keras terlebih dahulu sebagai penyemangat. “Biar berani, ya harus minum (miras) dulu sama yang lain,” ucapnya.

Jajang dan Aldo kini ditahan di sel Satreskrim Polrestabes Bandung. Keduanya dijerat dengan Pasal 365 KUHP tentang Pencurian dengan Kekerasan dengan ancaman hukuman penjara sembilan tahun.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini