nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini 3 Poin Penyelidikan Korupsi Dana Haji oleh KPK

Mustholih, Jurnalis · Rabu 19 Maret 2014 14:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 03 19 339 957452 yPpm7JlO9x.jpg Bambang Widjojanto (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bambang Widjojanto, menyatakan bahwa penyelidikan kasus korupsi penyelenggaraan dana haji 2012-2013 meliputi tiga fokus mendasar.

"Pertama berkaitan dengan biaya perjalanan ibadah haji, dana haji, kedua, berkaitan dengan soal komondasi pengadaan, dan ketiga berkaitan dengan orang-orang yang dapat fasilitas-fasilitas untuk pergi ke sana," kata Bambang di kantornya, Rabu (19/3/2014).

Bambang mengklaim bakal melacak soal dana haji pada tiga hal yang disorot tersebut. "KPK akan melacak, jadi itu bukan berkembang tapi fokus," ujar Bambang menambahkan.

Dalam melakukan penyelidikan kasus dana haji, KPK hari ini memanggil Direktur Jenderal (Dirjen) Penyelenggaraan Haji di Kementerian Agama (Kemenag), Anggito Abimanyu.

Menurut Bambang, Anggito diperiksa untuk mengejar bukti kuat adanya penyelewengan dana haji. "Siapa-siapa yang bisa kasih keterangan dan bisa buat jelas itu dipanggil," terang Bambang.

Anggito datang ke KPK pukul 10.00 WIB. Tampil mengenakan kemeja batik kuning itu, ia terlihat menenteng sebuah map kuning bertuliskan laporan keuangan. "Iya (dipanggil)," kata Anggito.

Pengelolaan dana haji setiap tahun berhasil menghimpun dana bernilai puluhan triliun rupiah. Dari laporan Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) menemukan pengelolaan dana haji pada 2010 saja berhasil menghimpun dana Rp40 triliun ditambah bunga Rp1 triliun.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini