Share

Terjun ke Masyarakat, Lulusan IPB Harus Pegang 5 Nilai

Margaret Puspitarini, Okezone · Kamis 20 Maret 2014 10:11 WIB
https: img.okezone.com content 2014 03 19 373 957787 wLgh5rcX6p.jpg Ilustrasi wisudawan. (Foto: Huffington Post)

JAKARTA - Sebanyak 800 wisudawan Institut Pertanian Bogor (IPB) tahap IV siap mengabdikan diri mereka ke masyarakat. Mereka terdiri atas berbagai jenjang pendidikan, baik sarjana maupun pascasarjana dan doktoral.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor IPB Herry Suhardiyanto berpesan agar lulusan IPB memegang teguh lima nilai utama IPB, yaitu integritas, respek, tanggung jawab, inklusif, dan unggul. Integritas (integrity) mencakup sifat-sifat jujur, adil, amanah, dan berdedikasi.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

"Respek mengandung makna peduli dan berpihak pada rakyat kecil, empati, keserasian, dan kemanusiaan. Tanggung jawab (accountable) merupakan sifat yang mengandung makna bersedia untuk menanggung segala sesuatu yang terjadi sebagai akibat atas sikap, keputusan, dan tindakan yang diambil serta transparan," ujar Herry, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Kamis (20/3/2014).

Inklusif, kata Herry, mengandung makna menerima perbedaan dan keanekaragaman serta mengimplementasikannya dalam kehidupan nyata, menerapkan prinsip-prinsip kolektif-kolegial. Sedangkan unggul (excellent) mencakup sifat-sifat visioner, cerdas, kompetitif, responsif, tangguh, profesional, mandiri, antisipatif, kreatif, fokus, dan keunggulan akademik (academic excellence).

"Saya berharap Saudara sekalian dapat menunjukkan keunggulan nilai-nilai tersebut melalui keteladanan di masyarakat. Saya iringi langkah Saudara keluar dari kampus ini dengan doa semoga Saudara sekalian dapat ikut memecahkan masalah yang dihadapi bangsa Indonesia," imbuhnya.

Ke-800 wisuadawan tahap keempat IPB itu terdiri atas jenjang S-1 hingga S-3. Secara rinci, 27 lulusan bergelar doktor, 151 lulusan bergelar Magister Sains, 28 lulusan bergelar Magister Manajemen, sembilan lulusan bergelar Magister Profesional, dan 585 lulusan sarjana.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini