nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rumah Sakit UI Rampung Tahun Depan

Marieska Harya Virdhani, Jurnalis · Kamis 20 Maret 2014 14:29 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 03 20 373 958126 OOSe53OWDV.jpg Foto: Marieska/Okezone

DEPOK - Universitas Indonesia (UI) sedang membangun Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri (RSPTN) guna mendukung proses pembelajaran di kampus. Keberadaan RS PTN ini diharapkan dapat mempermudah mahasiswa mengaplikasikan ilmu yang mereka pelajari di dunia profesi.

Rektor UI Muhammad Anis menjelaskan, proyek pembangunan RS PTN UI tersebut merupakan salah satu upaya memenuhi UU Pendidikan Kedokteran No 20 tahun 2013. Dalam UU itu disebutkan bahwa UI menjadi satu dari 19 PTN yang harus memiliki RS pendidikan. Selain itu, keberadaan RS PTN UI juga bisa menjadi sarana pelayanan terpadu untk menangani permasalahan kesehatan di Depok pada khususnya.

"Kami targetkan rampung pada 2015. RSPTN berskala dunia tersebut dapat mengakomodasi kegiatan pembelajaran peserta didik calon tenaga kesehatan di tatanan layanan, kegiatan penelitian kesehatan dan pelayanan," kata Anis, Auditorium Rumpun Ilmu Kesehatan, Kampus UI, Depok, Kamis (20/3/2014).

Anis mengimbuhkan, RS PTN merupakan wahana pendidikan untuk mengembangkan kompetensi profesi dan interprofesional serta membangun karakter profesional bagi tenaga kesehatan. Pembelajaran interprofesional di tingkat universitas diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada para peserta didik untuk berlatih bekerja sama dalam memberikan suatu pelayanan kesehatan dengan kondisi yang senyata mungkin.

"Konsep ini sedang diterapkan dan dikembangkan oleh rumpun ilmu kesehatan di Kampus UI Depok. Kami harap implementasi kebijakan RSPTN di UI dapat mendukung konsep kegiatan pendidikan dan penelitian kesehatan yang bersinergi untuk menghasilkan lulusan tenaga kesehatan yang unggul," ujar Anis.

Guna menandai persiapan UI mendirikan RS PTN, kampus Jaket Kuning itu menggelar pameran peralatan medis dan seminar nasional Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri (RSPTN). Dihelat di kampus UI, Depok, seminar tersebut mengambil tema "Pendidikan dan Pelayanan Interprofesional yang Unggul di Bidang Ksehatan melalui RSPTN Berakreditasi Internasional".

Ketua Panitia Arifin Nawas mengatakan, pameran tersebut bertujuan memberikan informasi kepada para dokter tentang peralatan medis yang baik yang akan mereka gunakan. Ada 42  perusahaan yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini