nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Miliki Ganja, BCL Ditangkap Polisi di Tempat Kos

Tri Ispranoto, Jurnalis · Selasa 25 Maret 2014 09:53 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 03 25 526 960263 D0bqe7JUxR.jpg

BANDUNG - Satu bulan menjelang Ujian Akhir Semester (UAS) dan Ujian Akhir Nasional (UAN), dua pelajar SMA swasta di Kota Bandung malah ditangkap polisi lantaran terbukti mengkonsumsi dan memiliki narkoba jenis ganja.

Kasatres Narkoba Polrestabes Bandung, AKBP M Ngajib, menjelaskan, awalnya pihak anggota di lapangan mendapat informasi mengenai peredaran narkoba di lingkungan sekolah. Dari informasi itu, pihak kepolisian lantas mencurigai BY (17) pelajar kelas XI dan BCL (17) pelajar kelas XII.

“Setelah kami buntuti pergerakan keduanya, akhirnya Senin malam kami melakukan penangkapan terhadap BY di tempat kostnya di Jalan Kiaracondong,” jelasnya kepada wartawan, Selasa (25/3/2014).

Dari hasil penggerebegan itu, polisi mendapatkan lima linting ganja yang sudah siap dikonsumsi. Dari pengembangan tersebut, polisi pun melakukan penangkapan terhadap BCL.

“Kami sebetulnya prihatin dengan penangkapan terhadap kedua pelaku ini. Kami sangat berharap ini menjadi pelajaran bagi orang tua agar lebih memperhatikan putra dan putrinya supaya tidak terlibat penyalahgunaan narkoba," tuturnya.

Mengingat status kedua pelaku masih pelajar maka pihaknya akan menerapkan UU Perlindungan Anak. “Apakah nantinya mereka akan direhab atau tidak, nanti itu ada prosesnya. Karena kami sebagai penyidik Polri bekerja berdasar UU penyidikan," tegasnya.

Sementara itu, BY mengaku baru pertama kali memegang ganja tersebut. Menurutnya, ganja tersebut dibelinya secara patungan dari seseorang yang bernama Ende di daerah Ciwastra. “Ini ganja gak dijual lagi, cuma buat dipakai sendiri sama temen-temen kosan. Ini belinya patungan sama temen-temen, harganya Rp50 ribu,” katanya.

Atas perbuatannya, kedua pelajar ini dijerat dengan Pasal 112 ayat 2 jo Pasal 127 ayat 1 huruf a tentang penyalahgunaan narkotika, dan UU No 35 tahun 2009 tentang narkotika, dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini