Share

Bidang Teknologi Informasi Bikin Peserta Didik Kreatif

Bramantyo, Okezone · Kamis 27 Maret 2014 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2014 03 27 373 961548 ml6RDMVOXG.jpg Ilustrasi. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)

SOLO - Kekuatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah mendorong terjadinya perubahan dalam pembelajaran. Pemanfaatan TIK memberikan banyak keuntungan, baik bagi peserta didik, pendidik, maupun pengelola pendidik.

"TIK dapat memfasilitasi model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, sehingga peserta didik dapat lebih aktif dan kreatif," jelas Guru Besar Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Prof Dr. Budi Murtiyasa saat berbicara pada Seminar Pendidikan Teknik Informatika, di Kampus UMS, Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (27/3/2014).

Menurut Budi, model pengembangan TIK di lembaga-lembaga pendidikan dapat dilaksanakan dalam empat tahapan, yaitu emerging, applying, infusing, dan transforming. Ini bergantung pada ketersediaan infrastruktur yang ada serta kesiapan sumber daya manusia.

Lebih lanjut, tambah dia, integrasi TIK pada pembelajaran dapat digunakan untuk menfasilitasi peningkatan kualitas pembelajaran melalui expositoy based learning, inquairy based learning, cooperative based learning, dan individual based learning. Oleh karena itu, TIK dapat digunakan untuk mendesain turorial, presentasi, simulasi, dan pemecahan masalah.

Pada akhirnya, kata Budi, bahan pembelajaran e-learning memang dimungkinkan diberikan secara mandiri kepada para peserta didik. Tetapi dalam tahap awal pelaksanaannya, guru tetap memainkan peran penting dalam mendidik para peserta didik.

"Yang patut direnungkan dan perlu segera tindakan nyata adalah perlu segera mempersiapkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan kompetitif yang tinggi di era informasi ini," ujarnya.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini