Jangan Hapus Mapel Teknologi Informasi di Kurikulum 2013!

Bramantyo, Okezone · Kamis 27 Maret 2014 14:38 WIB
https: img.okezone.com content 2014 03 27 560 961573 FNF6IjcVet.jpg Ilustrasi. (Foto: Heru Haryono/okezone)

SOLO - Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Prof Dr. Harun Joko Prayitno tidak setuju jika Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dihapus, apalagi tidak tercantum dalam kurikulum 2013 sebagai mata pelajaran.

"Karena kalau hanya dipahami sebagai sarana dan prasarana, bolehlah dihilangkan dari kurikulum. Tetapi kalau dipahami sebagai bidang ilmu maka harus dikenalkan," tegas Harun kepada Okezone, di Kampus UMS, Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (27/3/2014).

Dia menambahkan, sebagai pragmatik dalam bidang ilmu, maka TIK seharusnya diajarkan. Perlu ditanamkan dan diajarkan, dalam arti di satu sisi agar mereka para siswa bisa menggunakan IT secara baik, di sisi lain juga siswa bisa mengembangkan IT secara positif. Agar bisa dikembangkan secara positif, maka perlu diedukasi lewat mata pelajaran.

"Kalau pun kemudian TIK dimasukkan dalam bidang Bimbingan dan Penyuluhan, jelas saya tidak setuju. Seolah-olah hanya yang bermasalah saja," ujarnya.

Menurut Harun, kalau kemudian misalnya disetarakan dengan bidang ekstra kulikuler tidak pada tempatnya karena mereduksi IT sebagai bidang ilmu. Apalagi IT saat ini sudah jauh berkembang, dan berkembang lagi menjadi pendidikan IT. Karena itu, seharusnya menjadi mata pelajaran tersendiri.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini