nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pelajar & Mahasiswa Ngobrol Bareng Astronot di Luar Angkasa

Rachmad Faisal Harahap, Jurnalis · Rabu 02 April 2014 06:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 04 01 373 963871 PjLV2xAbSU.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters).

LOS ANGELES - Badan Antariksa Amerika Serikat (AS) National Aeronautics and Space Administration (NASA) mengupayakan sejumlah pelajar dan mahasiswa dari California untuk berbicara dengan para astronot di luar angkasa melalui sebuah konferensi video.

Kesempatan yang dianggap langka ini mempertemukan para pelajar dan mahasiswa dengan ketiga astronot yang melakukan konferensi video tersebut antara lain, Rick Mastracchio, Mike Hopkins dan Astronot asal Jepang, Koichi Wakata.

Ratusan pelajar dan mahasiswa berkumpul di dalam auditorium California State University, Los Angeles untuk melakukan konferensi video dengan mereka di Stasiun Antariksa Internasional, hampir 400 kilometer (km) di atas Bumi.

"Bagaimana Anda mengatasi kendala terbesar dalam perjalanan Anda menjadi astronot?" tanya seorang pelajar, seperti dilansir dari laman VOA, Rabu (2/4/2014).

"Saya mendapat gelar S2, bekerja sebagai insinyur dan kemudian mendaftar sebagai astronot. Jadi, saya kira ketertarikan terhadap antariksa dan sains, serta kemampuan matematika saya, memiliki hubungan langsung dengan bagaimana saya akhirnya ada di sini," ucap Mastracchio.

Para pelajar dan mahasiswa tersebut mendapat jawaban-jawaban atas pertanyaan-pertanyaan mulai dari higienitas stasiun antariksa hingga bagaimana astronot mengurangi getaran mesin, saat tiga astronot itu menggambarkan kehidupan sehari-hari dan pekerjaan mereka.

Selain itu, salah satu mahasiswa Teknik sebuah perguruan tinggi, Jeremy Blaire, merasa senang melihat bagaimana para astronot berhubungan satu sama lain.

"Mereka kelihatannya berteman baik. Setiap mereka tertawa, mereka saling berpandangan. Mereka sama-sama tertawa mendengar lelucon. Saya tidak pernah mengira para kru antariksa begitu harmonis di atas sana," ungkap Blaire.

Pendidik dari NASA, Becky Kamas mengatakan bahwa ada satu pertanyaan selalu muncul disetiap konferensi video dari sekolah-sekolah di seluruh negeri.

"Mereka selalu bertanya bagaimana cara menjadi seperti Anda? Dan saya kira jawabannya adalah perlu semangat dan dedikasi, serta setiap murid memilikinya," tutur Kamas.

Sebanyak 11 lulusan California State University telah menjadi astronot NASA, dan para mahasiswa berharap kampus di bilangan Los Angeles tersebut bisa mengirimkan yang ke-12.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini