Share

Wikipedia Cari Kontributor Mahasiswa di Unpad

Margaret Puspitarini, Okezone · Jum'at 04 April 2014 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 03 373 965093 6iqeUnzLMf.jpg Suasana pelatihan menulis yang diselenggarakan Wikipedia untuk mahasiswa Unpad. (Foto: dok. Unpad)

JAKARTA - Siapa tak kenal situs Wikipedia? Laman yang kerap menjadi referensi dalam setiap karya tulis para mahasiswa itu dinilai kurang kredibel karena tidak mencantumkan catatan kaki.

Menyadari hal tersebut, Wikipedia Indonesia bersama Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung menggelar pelatihan menulis. Kegiatan bertajuk "Bebaskan Pengetahuan 2014" itu diikuti oleh 90 peserta dari 10 perguruan tinggi di Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta.

Menurut Direktur Proyek Kompetisi Menulis Bebaskan Pengetahuan 2014 Hans Abdiel Harmakaputra, latar belakang pelaksanaan kegiatan tersebut ialah masih banyak penulis di Wikipedia, khususnya di Indonesia yang belum memenuhi kaidah penulis Wikipedia. Hans menyebut, kaidah penulisan dalam Wikipedia berupa artikel ensiklopedia.

"Di sini kami juga akan mengajarkan bagaimana menulis artikel sesuai dengan kaidah Wikipedia, yakni bersifat deskriptif, bukan perusatif ataupun naratif," ujar Hans, seperti disitat dari situs Unpad, Jumat (4/4/2014).

Pelatihan tersebut turut mengajarkan cara membuat catatan kaki untuk sebuah artikel. Sebab, selama ini, ada tulisan di laman Wikipedia Indonesia yang kurang kredibel karena sedikit mencantumkan catatan kaki.

"Di laman Wikipedia luar negeri, sebuah artikel banyak mencantumkan catatan kaki berupa referensi tulisan. Hal inilah yang rutin dikampanyekan oleh Wikipedia Indonesia sejak 2010," paparnya.

Aspek lain yang ingin ditekankan di dalam kegiatan itu, lanjutnya, adalah pelurusan informasi mengenai penyuntingan tulisan di laman Wikipedia. Selama ini artikel di laman yang secara resmi diluncurkan pada 2001 itu dianggap sulit untuk disunting. Padahal, menurut Hans, artikel di Wikipedia sangat mudah disunting oleh semua orang.

"Memang ada kesulitan penyuntingan terutama oleh kalangan pemula, di antaranya kode-kode yang harus dimasukkan termasuk gaya menulisnya," jelas Hans.

Oleh karena itu, Hans bersama timnya menyasar kalangan mahasiswa untuk menjadi peserta dalam kegiatan ini. Tujuannya agar mahasiswa sebagai kalangan akademisi memahami dan mampu menulis artikel di laman Wikipedia.

"Kami harapkan banyak mahasiswa yang dapat berkontribusi menulis artikel dari perspektif akademisi di Wikipedia. Selain itu, mereka juga dapat mengajarkan kepada yang lain bagaimana cara menulis dan menyunting di laman Wikipedia," ungkapnya.

Selain pelatihan, para peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut pun berkesempatan mengikuti kompetisi. Adapun kompetisi yang digelar berupa penulisan artikel panjang yang terbagi ke dalam tiga putaran.

Putaran pertama, peserta menulis artikel minimal tiga tulisan dan maksimal 13 artikel. Untuk putaran kedua, peserta kembali menulis artikel minimal lima tulisan dan maksimal 15 tulisan dengan topik Kesejahteraan Rakyat. Sementara untuk putaran ketiga, peserta dihadapkan pada kompetisi menulis minimal 30 artikel rintisan di Wikipedia.

"Kami berharap dapat melahirkan kontributor baru di Wikipedia. Selama ini pembaca Wikpedia Indonesia mencapai 130 juta, sementara untuk penulis maupun penyunting aktif itu hanya 50 orang," tutur Hans.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini