Kenangan Wali Kota Depok Selama 4 Tahun di AS

Margaret Puspitarini, Okezone · Minggu 06 April 2014 15:23 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 04 373 965687 A0GuK2hTvv.jpg Wali Kota Depok Nur Mahmudi. (Foto: Feri Usmawan/Okezone)

JAKARTA - Banyak pelajaran berharga yang bisa kita dapatkan ketika berada di negara lain. Seperti yang dirasakan Wali Kota Depok Nur Mahmudi selama menikmati empat tahun di Negeri Paman Sam, Amerika Serikat (AS).

Nur Mahmudi menamatkan pendidikan S-2 dan S-3 nya di Texas A&M University pada bidang yang sama, yakni Food Science and Technology. Selama empat tahun, dia mendapati ada beberapa hal yang bisa menjadi harta berharga yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Pertama, etos. Dosen memperlakukan murid itu sama. Artinya, dosen tidak membedakan antara mahasiswa lokal maupun mahasiswa dari luar negeri," tutur Nur Mahmudi kepada Okezone, di @america, Pacific Place, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Hal yang sama, lanjutnya, juga berlaku bagi fasilitas pendidikan di sana. Dia mengaku, semua fasilitas di kampus tersebut terbuka sama bagi semua murid, termasuk mahasiswa asing.

"Ketiga, kita terekspos untuk bisa berkomunikasi dengan para pengguna ilmu di industri dalam penelitian yang kita lakukan. Sehingga kita tertantang untuk menyelesaikan isu tersebut," paparnya.

Tidak jauh berbeda, salah seorang peserta ASES Summit 2012 di Standford University, yaitu Rinda mengaku sangat senang bisa menikmati suasana pendidikan di Negeri Super Power itu. Meski hanya satu minggu, cukup membuat Rinda untuk kembali ke sana sebagai destinasi melanjutkan pendidikan S-2.

"Kehidupan benar-benar beda. Teknologi di kampus sangat maju. Contoh, semua kursi di ruang kelas di Standford sangat bagus. Sementara di sini, tidak semua ruang kelas punya kursi yang bagus. Solidaritas mereka pun sangat tinggi. Misalnya ketika melihat orang yang akan menyebrang. Mereka yang mengendarai mobil pasti berhenti hingga kita menyebrang dengan selamat ke tujuan," ujar Rinda.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini