Gaji Belum 'Cair', Petugas KPPS di Mentawai Tahan Kotak Suara

Rus Akbar, Okezone · Kamis 10 April 2014 12:16 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 10 340 968273 FqNBFT7tsR.jpg Ilustrasi pemilih (okezone)

PADANG - Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dari tujuh tempat pemungutan suara (TPS) di Desa Malakkopa, Kecamatan Pagai Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, menahan 28 kotak suara yang akan dikirim ke kantor kecamatan.

Alasannya, garda terdepan panitia penyelenggara pemilu tersebut belum menerima gaji sejak Januari hingga April 2014. “Penyebabnya karena petugas KPPS belum menerima gaji. Anggota disiagakan di sana untuk menjaga keamanan," ujar Kapolsek Sikakap, Iptu Ediso Hulu saat dikonfirmasi, Kamis (10/4/2014).

Dia menjelaskan, masing-masing TPS terdapat empat kotak suara, terdiri dari DPR RI, DPRD TK I, DPRD TK II, dan DPD RI. Harusnya, kotak suara tersebut sudah dibawa ke kantor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). “Kami sudah koordinasi dengan KPU Mentawai, katanya hari ini mereka datang,” ujarnya.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan Pagai Selatan, Manahan, mengklaim sudah menyelesaikan persoalan tersebut. Dia meminta para petugas KPPS untuk bersabar. "Berdasarkan kesepakatan KPU, merekalah yang menjemput, sebab uang opersional tidak ada. Jadi hari ini KPU Mentawai datang menjemput kotak suara tersebut,” ujarnya.

Keterlambatan pembayaran gaji juga dialami oleh petugas PPK Sikakap. Menurut Ketua PPK Sikakap, Ferdinan Salamanang, gaji yang belum dibayar terhitung sejak Januari sampai April. “Untuk opersional sendiri, kami pakai uang sendiri, sementara logisitik itu diantar langsung oleh KPU Mentawai,” katanya.

Ferdinan menjelaskan, gaji Ketua PPK per bulan Rp1,25 juta belum dipotong pajak. Sementara untuk anggota PPK sebesar Rp950 ribu per bulan, sedangkan gaji petugas KPPS Rp500 ribu dan PPS Rp450 ribu per bulan.

“Untuk PPS di Sikakap ada tiga desa masing-masing desa memiliki enam orang PPS, sementara di TPS di Kecamatan Sikakap ini ada 33 TPS dan KPPSnya sebanyak 231 orang. Jadi semuanya belum terima gaji,” ujarnya.

Berdasarkan informasi yang diperolehnya, tim KPU Mentawai sedang dalam perjalanan menggunakan kapal Sikakap. Kantor KPU Mentawai sendiri di Pulau Sipora.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini