Rekapitusai Berjalan Alot, Saksi Parpol Usir Panwas & KPU

Abdul Rahem, Sindo TV · Sabtu 12 April 2014 21:36 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 12 340 969453 LeAiiLcD4I.jpg Ilustrasi, petugas melakukan rekaputulasi Pileg 2014 di Jakarta (Foto: Dede K/Okezone)

PALOPO - Proses rekaptulasi suara di tingkat PPS Kota Palopo berjalan panas. Saksi masing-masing partai politik adu mulut terkait perintah KPU untuk membuka kertas plano besar atau (C-1 plano).

Ini dilakukan karena adanya laporan yang masuk ke Panwas terkait adanya pencurian suara caleg. Komisi Pemilihan Umum setempat pun telah mengizinkan KPPS membuka c plano besar, namun instruksi itu ditanggapi negatif oleh masing-masing saksi. Ada saksi yang menerima dan sebaliknya.

Perdebatan yang panjang ini membuat anggota KPU dan Panwas kembali memberikan penjelasan kepada para saksi partai politik. Sayangnya niat baik itu dianggap sebagai intervensi proses rekapitulasi yang masih berlangsung.

Seorang saksi sempat berteriak meminta aparat keamanan untuk menahan anggota KPU dan panwas yang ingin masuk ke dalam ruangan rekapitulasi. Akibatnya petugas KPU dan panwas hanya bisa berdiri di pintu kantor kelurahan.

Atas insiden tersebut, kedua orang dari lembaga resmi tersebut merasa disepelekan. Informasi di lapangan, kejadian ini berlangsung di dua kelurahan yakni Kelurahan Rampoang dan Kelurahan Mancani Kecamatan Bara.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini