Image

Keberadaan Imigran Ilegal di Puncak Meresahkan Warga

Yudhi Maulana, Jurnalis · Senin, 14 April 2014 - 19:45 WIB
Foto: Dok. Okezone Foto: Dok. Okezone

BOGOR - Imigran ilegal yang selama ini bermukim di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor kondisinya semakin tak terkendali. Mereka yang seharusnya hanya bermukim sementara malah banyak yang menetap dan membuat resah warga.  

 

Kepala Kantor Kesatuan Kebangsaan dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bogor, Rizal Hidayat, mengatakan banyak laporan warga yang resah akibat keberadaan para imigran ilegal. Kebanyakan imigran ilegal berasal dari negara Timur Tengah dan berstatus sebagai pencari suaka.

 

"Perbedaan budaya dengan warga asli, sehingga menimbulkan keresahan warga. Misalnya banyak imigran yang beaktifitas pada malam hari, ngobrol-ngobrol dan berisik. Akhirnya warga sekitar terganggu," jelasnya saat ditemui Okezone, Senin (14/4/2014).

 

Lanjutnya, selain meresahkan, banyak juga imigran yang melakukan tindakan pelanggaran seperti. Pencurian, pelecehan dan tindak kejahatan lainnya. Hal itu berujung dengan dikeluarkannya surat dari Bupati Bogor, Rahmat Yasin pada September 2012, dimana dalam surat tersebut menyatakan agar tempat penampungan sementara yang berada di Puncak untuk diberhentikan sementara hingga waktu yang belum ditentukan.

 

"Kami berharap agar Kabupaten Bogor menjadi zero zona bagi imigran ilegal, sehingga masyarakat menjadi aman," ungkapnya.

 

Ia membeberkan, ada 481 imigran ilegal yang telah terdata dan memiliki sertifikat dari UNHCR. Namun, diprediksi ada sekira 1.000 lebih imigran yang tidak bersertifikat.

 

Sementara itu, Sekretaris Penanganan Penyelundupan Manusia, Pengungsi dan Pencari Suaka (P2MP2S) Menkopolhukam, Puja Laksana, mengatakan para imigran ilegal yang melakukan tindakan pelanggaran bisa dipidanakan tanpa terkecuali.

 

"Siapapun yang melakukan tindak pidana, harus tunduk pada peraturan negara tersebut. Tidak ada terkecuali meskipun ia statusnya dilindungi UNHCR," tegasnya.

 

Ia juga memandang bahwa status para imigran ilegal yang berada dibawah perlindungan UNHCR tidak serta merta kebal dari hukuman.

(hol)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming