3 Joki Ditangkap saat Nyoblos Ulang di Pekanbaru

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Rabu 16 April 2014 01:03 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 15 340 970924 HtYy0Pheeo.jpg ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

PEKANBARU - Pemungutan suara ulang yang digelar di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau diwarnai aksi kecurangan. Sebanyak tiga pemuda ditangkap polisi dan petugas Panwaslu karena diduga menjadi joki salah satu calon anggota legislatif (caleg).

Ketiga pemuda itu yakni Anton (17), Surya (26) dan Rahmadani (23). Ketiganya ditangkap saat melakukan pencoblosan di TPS 50  Kelurahan Tangkerang Tengah, Kecamatan Marpoyan Damai.

Dari pendataan petugas KPPS di TPS 59, mereka diamankan lantaran melakukan pencoblosan dengan menggunakan identitas orang lain. Usai diamankan ketiganya langsung dibawa ke kantor Panwaslu Pekanbaru

"Petugas curiga karena formulir undangan (C6) tidak sesuai dengan identitasnya. Saat ini mereka masih dimintai keterangan" kata anggota Panwaslu, Bustami.

Jika ditemukan ada pelanggaran pidana pemilu kata dia, maka pihak KPU akan melanjutkan kasusnya ke Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) yakni pihak Kepolisian.

Berdasarkan pengakuan ketiga calo yang merupakan buruh bangunan itu,mereka mengaku disuruh salah satu caleg dengan dibayar Rp100 ribu per orang.

Sebelumnya, KPU melaksanakan pencoblosan ulang di 30 TPS di Pekanbaru. Pemungutan suara ulang dilakukan lantaran tertukarnya surat suara antar daerah pemilihan (dapil).

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini