Share

Ini Dia SLB Tunarungu Tertua di Indonesia

Oris Riswan, Okezone · Selasa 15 April 2014 17:09 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 15 528 970578 bmuBOlnHiv.jpg SLB Cicendo Bandung (Foto: Oris/Okezone)

BANDUNG - Sekilas, bangunan sekolah yang terletak di Jalan Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat, ini tidak berbeda dengan sekolah pada umumnya. Hanya saja, bangunan yang bertetangga dengan Gedung Negara Pakuan itu menyimpan kisah yang panjang.

Bangunan itu merupakan Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Cicendo Bandung. SLB tersebut merupakan sekolah bagi kalangan tunarungu tertua di Indonesia.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

SLB tersebut didirikan oleh pemerintah kolonial Belanda pada 1930.

”Gedung ini merupakan sekolah (SLB Tunarungu) pertama di Indonesia, bahkan di Asia,” kata Kepala SLBN Cicendo, Priyono, kepada Okezone.

Setelah dibangun, gedung tersebut sempat beberapa kali mengalami alih fungsi.

“Di zaman Belanda, bangunan ini didirikan untuk sekolah tuli-bisu. Pada 1942, saat pendudukan Jepang, bangunan ini digunakan sebagai mess tentara dan rumah sakit,” bebernya.

Setelah Jepang kalah dan terusir dari Indonesia, bangunan itu kembali difungsikan sebagai sekolah. Pada 1956, gedung itu diserahkan oleh Pemerintah Indonesia kepada Gubernur Jawa Barat saat itu. Saat itu, sekolah dikelola oleh pihak swasta.

Pada 2009, gedung itu akhirnya dikelola pemerintah. “Alhamdulillah, seluruh orangtua murid juga mendukung agar sekolah ini dinegerikan,” tuturnya.

Sementara sejak 2007, ia mengaku sudah mengupayakan agar bangunan SLBN Cicendo dimasukkan sebagai salah satu cagar budaya. Namun belum ada keputusan dari pemerintah soal usulan tersebut. Jika ditetapkan sebagai cagar budaya, diharapkan bangunan akan terjaga.

“Pemerintah juga harus konsisten untuk menjaga, mempertahankan peruntukkannya,” pungkasnya.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini