Dua Kantor Kecamatan Terbakar, Ratusan Kotak Suara Hangus

Ridwan Lapasere, Sindo TV · Kamis 17 April 2014 09:10 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 17 340 971671

DONGGALA - Dua kantor kecamatan berisi ratusan kotak suara Pileg 2014 di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah terbakar. Diduga, peristiwa itu terjadi lantaran unsur kesengajaan pihak tertentu yang ingin mengacaukan tahapan pesta demokrasi.

Kantor Kecamatan Sindue dan Kecamatan Sindue Tobata terbakar pada Rabu 16 April malam sekira pukul 19.00 waktu setempat. Ketika itu, panitia pemilihan kecamatan yang melakukan rekapitulasi suara sedang beristirahat menjalankan ibadah salat.

“Kebakaran itu terjadi saat saya dan petugas PPK lainnya sedang kembali ke rumah. Kantor dalam keadaan terkunci rapat,” ujar Ketua PPK Sindue, Sukma.

Sayangnya, saat para petugas PPK tengah istirahat, kantor kecamatan ditinggalkan tanpa ada yang menjaga, baik dari linmas maupun petugas keamanan. Di dalam kantor terdapat 196 kotak suara. “Hanya 32 suara yang berhasil diselamatkan,” tambahnya.

Sementara itu, Kapolda Sulawesi Tengah, Brigjend Ari Dono Sukmanto, mengatakan, berdasarkan investigasi sementara yang dilakukan timnya, ada dugaan kedua kantor kecamatan tersebut  dibakar.

“Saat ini masih dilakukan penyelidikan mendalam, sebab masih menunggu hasil puslabfor,” terang Ari.

Ari bahkan berjanji akan menindak anggotanya yang seharusnya berjaga di kantor kecamatan tersebut. “Kalau saja pada saat kejadian tersebut tidak ada petugas kepolisian yang berada di kantor camat, saya berjanji akan memintai pertanggungjawaban dari mereka,” tutupnya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini