Lomba Masak Hingga Adu Panco Berkebaya

ant, · Senin 21 April 2014 15:58 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 21 373 973417 wHcTsaf0tm.jpg Ilustrasi: Reuters.

JAKARTA - Peringatan Hari Kartini identik dengan wanita menggunakan kebaya dan melakukan berbagai aktivitas. Tidak hanya di berbagai kantor, hal serupa bisa kita temui di kampus.

Inilah yang juga terlihat di Universitas dr Soetomo (Unitomo) Surabaya. Bahkan, peringatan Hari Kartini tahun ini melibatkan juga mahasiswa asing di kampus tersebut. Mengenakan busana tradisional Indonesia, kebaya, sejumlah mahasiswi asal Jepang tampak antusias mengikuti berbagai lomba yang digelar civitas akademika Unitomo.

Rena Kumamoto, misalnya, memilih Lomba Panco Berkebaya. Meski kalah, mahasiswi Setsunan University, Osaka, Jepang, itu tetap ceria.

"Ya, saya ikut lomba panco, tapi saya kalah, karena bagian siku terasa licin dengan baju ini (baju Kartini), tapi saya senang. Ramai ya," kata Rena, seperti dikutip dari Antara, Senin (21/4/2014).

Selama tujuh bulan menjadi mahasiswi Jurusan Bahasa Indonesia, Rena mengaku memelajari sosok Kartini dalam Pelajaran Sejarah. "Kartini itulah yang mendorong perempuan Indonesia untuk mau belajar dan bekerja," katanya.

Sementara itu, Rektor Unitomo Dr. Bachrul Amiq menegaskan, pemilihan panco sebagai jenis loma bukan bertujuan adu kekuatan. Panco diibaratkan sebagai pekerjaan yang selama ini identik dengan pria.

"Jadi, lomba itu menunjukkan bahwa perempuan sudah mampu melakukan apa yang dilakukan kaum pria," tutur Bachrul. 

Tidak hanya adu panco bagi mahasiswi, ada juga lomba menarik yang dikhususkan bagi para mahasiswa. Mereka dapat berpartisipasi dalam lomba memilih bumbu masak.

"Sehingga ada kesetaraan perempuan dan pria," imbuh Bachrul.

Dia memaparkan, berbagai lomba dalam rangka memperingati Hari Kartini ini juga merupakan ajang unjuk kreativitas karyawan, dosen, mahasiswa Unitomo dalam bidang seni dan kemampuan lainnya.

Civitas akademika Unitomo juga bisa unjuk kekompakan dan kebersamaan dalam lomba paduan suara. Asyiknya lagi, para pemenang lomba mendapatkan berbagai hadiah menarik.

Ingin rafting gratis di Citarik? Buka link ini

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini