nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Digigit Anjing Gila, 13 Warga Alami Gejala Rabies

Budi Sunandar, Jurnalis · Rabu 23 April 2014 14:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 04 23 340 974575 tNGpVM2aaI.jpg Ilustrasi, anjing disuntik anti-rabies (Foto: Reuters)

PADANG - Sebanyak 13 warga di Koto Lalang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat, mengalami gejala rabies setelah digigit anjing gila.

Meski demikian, para korban hanya menjalani perawatan di rumah dengan diberikan vaksin antirabies oleh petugas puskesmas setempat.

Seorang korban yang juga pedagang ayam, Alfitri, Rabu (23/4/2014), menuturkan, ia digigit di bagian betis kiri saat mengendarai sepeda motor di dekat rumahnya tadi pagi. Setelah digigit, ia mengaku mengalami demam tinggi dan detak jantungnya tidak normal.

Alfitri sempat dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan pertama. Namun ia diperbolehkan pulang setelah divaksin. Selanjutnya, ia dalam pengawasan Puskesmas Lubuk Kilangan.

Kepala Bagian Penanganan Rabies Puskesmas Lubuk Kilangan, Marini Amris, mengatakan, hingga tadi siang pihaknya sudah menerima 13 warga korban gigitan anjing gila. Mereka mengeluh mengalami demam.

Sebagai penanganan awal, kata dia, pihak puskesmas memvaksin para korban.

Sementara itu, hingga sore ini, warga Koto Lalang masih memburu anjing-anjing yang berkeliaran di kawasan tersebut. Kasus ini merupakan yang pertama kalinya di Koto Lalang.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini