nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemimpin Sudan Selatan & Pemberontak Sepakat Damai

Angga Mahaputra, Jurnalis · Sabtu 10 Mei 2014 17:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 05 10 414 983123 gLz1FfR0Ti.jpg Perjanjian perdamaian Sudan Selatan. (Foto: Reuters)

ETHIOPIA - Pemimpin Sudan Selatan sepakat berdamai dengan pemberontak Sudan Selatan. Kesepakatan tersebut menyerukan gencatan senjata permanen kepada dua belah pihak dan pembentukan pemerintahan baru dengan penyusunan konstitusi dalam pemilu baru Sudan.  

“Kesepakatan bisa menandai terobosan untuk masa depan Sudan Selatan,” tutur Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry, seperti dilansir BBC, Sabtu (10/5/2014).

 

Sebelumnya, gencatan senjata pernah disepakati pada bulan Januari lalu. Namun gagal karena kedua belah pihak yang bersiteru saling menyalahkan satu sama lain.

 

Menurut informasi Presiden Sudan Selatan Salva Kiir dan Pemimpin Pemberontak Riek Machar mengeluarkan perintah langsung untuk mengakhiri pertempuran dan mengizinkan bantuan kemanusiaan masuk ke wilayah Sudan Selatan.

 

Penandatanganan kesepakatan damai  tersebut berlangsung di Ibu Kota Ethiopia, Addis Ababa pada Jumat 9 Mei 2014, malam waktu setempat.

 

Perdana Menteri Ethiopia Hailemariam Desalegn, sebagai tuan rumah turut menandatangani kesepakatan damai tersebut.

 

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebelumnya menuduh pemerintah Sudan Selatan dan para pemberontak melakukan tindakan kejahatan kemanusiaan. Pembunuhan massal sipil dan pemerkosaan kerap terjadi ketika konflik tersebut berkecamuk.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini