Kompleks Makam Ini Berisi Kuburan Sepanjang 7 Meter

Adi Palapa Harahap, Sindo TV · Selasa 13 Mei 2014 01:26 WIB
https: img.okezone.com content 2014 05 12 340 983835 zdkbWJPxkP.jpg Makam Parmata Sapihak di Padanglawas, Sumut (Dok: Adi Palapa/Sindo TV)

PADANGLAWAS - Panjang dan lebar makam biasanya menyesuaikan ukuran tubuh jenazah. Di perbukitan Desa Binabo, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padanglawas, Sumatera Utara, ada beberapa makam yang memiliki panjang sekira tujuh meter.

 

Makam unik tersebut berada di kompleks pekuburan yang berlokasi di perbukitan. Di sana terdapat beberapa makam para leluhur marga Daulay yang disebut Makam Parmata Sapihak (kuburan bermata satu).

 

Khairul Daulay, warga sekitar, menuturkan, belum diketahui pasti asal muasal Makam Parmata Sapihak. Di batu nisan makam juga tidak tercantum tanggal wafat para penghuni makam.

 

Panjang makam yang tak lazim tersebut tentu mengundang penasaran orang yang baru berkunjung, benarkah jenazah memiliki tinggi tujuh meter atau bahkan lebih.

 

Khairul mengatakan, dalam legenda disebutkan bahwa tinggi penghuni makam sebenarnya mencapai 49 meter. Saat akan dimakamkan, jenazah dikondisikan sedemikian rupa sehingga tubuhnya bisa masuk ke liang lahat.

 

Makam Parmata Sapihak merupakan salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Padanglawas. Namun karena masih kurang perhatian dan minim publikasi, makam tersebut hanya terkenal di sekitar Tapanuli bagian selatan.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini