nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jubir KPK: Belum Ada Tersangka di Kasus Korupsi Dana Haji

Nina Suartika, Jurnalis · Jum'at 16 Mei 2014 03:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 05 16 339 985574 7IQxQNvllU.jpg Johan Budi SP (Foto: Heru Haryono/Okezone)

JAKARTA - Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Johan Budi SP menegaskan bahwa hingga saat ini belum ada penetapan tersangka dalam kasus penyelewengan penyelenggaraan haji tahun 2012-2013 di Kementerian Agama (Kemenag).

"Belum ada (penetapan tersangka). Sampai saat ini masih di penyelidikan," kata Johan saat dihubungi Okezone, Kamis (15/5/2014).

Johan sendiri mengaku tidak tahu tentang pernyataan Ketua KPK, Abraham Samad yang menyatakan akan menetapkan petinggi negara dalam kasus tersebut. "Waduh, aku enggak tahu kalau soal statementnya Pak Ketua (Abraham)," katanya.

Johan mengatakan, saat ini belum ada perkembangan dalam kasus tersebut. KPK pun belum melakukan ekspose kasus ini untuk penetapan tersangka. "Untuk ekspose kasus haji belum ada," katanya.

Sebelumnya, Ketua KPK, Abraham Samad mengaku akan kembali menetapkan petinggi negara sebagai tersangka dalam kasus penyelewengan penyelenggaraan haji tahun 2012-2013 di Kementerian Agama.

Menurut Samad pengumuman tersangka itu akan dilakukan dalam waktu satu atau dua minggu kedepan. Namun, dia enggan membuka secara detail pejabat yang dimaksud itu.

"Saya enggak boleh jelasin secara transparan, kalau saya jelasin itu berarti saya sudah membuka," katanya.

KPK telah meningkatkan status kasus proyek penyelenggaraan dana haji di Kemenag 2012-2013 ke penyidikan. Sejumlah pejabat juga sudah dimintai keterangan seputar kasus tersebut. Diantaranya Menteri Agama Suryadharma Ali yang sempat diperiksa selama 11 jam oleh KPK beberapa waktu lalu.

Selain itu KPK sudah meminta keterangan terhadap dua anggota DPR , Jazuli Juwaini dan Hasrul Azwar, serta pihak Kementerian Agama di Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah. KPK mencium kerugian sementara senilai Rp100 miliar dari kasus penyelenggaraan dana haji.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini