nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sebut Tersangka Korupsi Haji, Samad hanya Cari Perhatian

Qur'anul Hidayat, Jurnalis · Jum'at 16 Mei 2014 06:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 05 16 339 985575 AXxfQ3z22H.jpg Abraham Samad (Foto: Heru Haryono/Okezone)

JAKARTA - Pernyataan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad yang menyebut bahwa akan ada petinggi negara yang menjadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi dana penyelenggaran haji tahun 2012-2013 menimbulkan tanya di benak publik.

Pasalnya, Samad tidak menyebut detail nama calon tersangka kasus korupsi yang disinyalir telah membuat negara merugi hingga Rp100 miliar itu.

Terkait pernyataan Samad, Direktur Advokasi Pusat Studi Anti Korupsi Universitas Gadjah Mada (Pukat UGM), Oce Madril menilai, pernyataan orang nomor satu di KPK itu bisa ditafsirkan untuk mencari perhatian publik semata.

Hal tersebut menurut Oce sangat beralasan, lantaran tidak biasanya Abraham Samad menyinggung soal calon tersangka kasus korupsi dengan cara seperti itu.

"Saya tidak tahu motifnya apa. Tapi apakah bisa digunakan untuk mencari perhatian media? Itu urusan lain," ucapnya saat berbincang dengan Okezone, di Jakarta, Kamis (15/5/2014) malam.

Cara penyampaian pesan Samad ke publik lanjut Oce, seolah menjelaskan bahwa dia ingin didengar oleh media dan masyarakat sehingga perhatian publik mengarah kepadanya. "Ya itu memang membuat pemberitaan tertuju ke situ, sehingga Abraham Samad diberitakan," tukasnya.

Apalagi kasus tersebut menurutnya sangat 'seksi' sehingga mudah untuk menarik perhatian publik,

"Isu ini (korupsi dana haji) sensitif dan media akan memerhatikan. Bisa menganggap ini menarik perhatian. Tidak baik mengumumkan dengan cara seperti ini," tutupnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini