nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengamat: Samad Harusnya Tahan Diri!

Qur'anul Hidayat, Jurnalis · Jum'at 16 Mei 2014 08:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 05 16 339 985577 IAeMmXRo3s.jpg Abraham Samad (Foto: Heru Haryono/Okezone)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui pimpinannya Abraham Samad mengumumkan bahwa akan ada penetapan tersangka dalamĀ  kasus dugaan korupsi penyelewengan dana penyelenggaraan haji tahun 2012-2013. Dia menyebut tersangka tersebut seorang petinggi negara.

Pernyataan Samad itu tentu mengejutkan sekaligus menimbulkan tanda tanya di benak publik, siapa sebenarnya calon tersangka yang juga pejabat negara itu.

Direktur Advokasi Pusat Studi Anti Korupsi Universitas Gadjah Mada (Pukat UGM) Oce Madril mengatakan, Samad seyogyanya bisa menahan diri untuk tidak menggulirkan isu liar sebelum adanya pengumuman resmi.

"Sebaiknya kalau memang sudah ditetapkan baru langsung diomongkan. Jangan dulu diekspose sebelum itu (pengumuman resmi). Akan lebih baik (Samad) menahan diri," kata Oce kepada Okezone di Jakarta, Jumat (16/5/2014).

Menurut Oce KPK sejatinya langsung mengumumkan secara resmi siapa tersangka kasus tersebut agar menjadi terang ke publik sebagaimana yang diterapkan pada penanganan kasus korupsi lainnya.

"Setelah jadi tersangka baru diumumkan, si X tersangka kasusnya apa. Siapa pejabat itu, apa statusnya, terlibat apa, KPK tidak perlu merilis sesuatu yang belum pasti. Satu atau dua minggu itu menjadi kurang patut. Lihat kasus Sutan (Bhatoegana), tidak terjadi hal seperti ini," ulasnya.

Sebelumnya diwartakan, Ketua KPK Abraham Samad mengaku akan menetapkan petinggi negara sebagai tersangka dalam kasus penyelewengan penyelenggaraan haji tahun 2012-2013 di Kementerian Agama (Kemenag).

"Petinggi negeri ini," kata Samad, Kamis, 15 Mei kemarin.

Menurut Samad, pengumuman tersangka itu akan dilakukan dalam waktu satu atau dua pekan ke depan. Namun, dia enggan membeberkan identitas pejabat yang dimaksud itu.

"Saya enggak boleh jelasin secara transparan, kalau saya jelasin itu berarti saya sudah membuka," kilahnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini