Share

Penyebab Anjloknya Argo Parahyangan Masih Diselidiki

ant, · Sabtu 31 Mei 2014 07:45 WIB
https: img.okezone.com content 2014 05 31 526 992153 2eSoBnBy2K.jpg Gerbong kereta Argo Parahyangan miring (Foto: TMC)

BANDUNG - Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menurunkan tim untuk menyelidiki penyebab anjloknya Kereta Api Argo Parahyangan, di Jembatan Cisomang KM128+400, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta tengah malam tadi.

 

"Penyebab anjlok masih diselidiki oleh KNKT, juga dari tim internal PTKA. Namun jalur sudah normal kembali sejak pukul 05.00 WIB," kata Kepala Humas PT KAI Daop II Bandung Zunerfin di Purwakarta, Sabtu (31/5/2014).

 

Menurut dia, tim akan melakukan penyelidikan ihwal penyebab anjloknya Kereta jurusan Jakarta Bandung di mulut jembatan jembatan KA terpanjang di Pulau Jawa itu.

 

Hasil penyelidikan KNKT, kata Zunerfin, baru akan akan diketahui dalam beberapa hari ke depan. Namun, dia mengaku pihaknya tidak berwenang untuk mengumumkan hasil penyelidikan lembaga berwenang itu.

 

"Penyelidikan oleh KNKT dan tim internal PTKA merupakan prosedur tetap penanganan insiden seperti anjlokan ini," katanya.

 

Bagian KA yang anjlok dan keluar dari rel adalah bagian lokomotif, kereta pembangkit serta kereta eksekutif I. Kereta penumpang yang berada di rangkaian kedua KA itu posisinya miring.

 

Anjloknya KA Argo Parahyangan di Jembatan Cisomang itu bukan kali pertama. Beberapa tahun lalu KA Argo Gede juga mengalami hal yang sama. Kejadin kereta anjlok di Jawa Barat juga sudah kedua kedua kalinya.

 

April lalu, kereta Malabar jurusan Bandung-Malang anjlok di Tasikmalaya. Kecelakaann ini menewaskan dua penumpang serta empat lainnya luka serius.

(ded)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini