Konjen Swiss Hadir di Makassar

Arpan Rachman, Okezone · Selasa 03 Juni 2014 01:02 WIB
https: img.okezone.com content 2014 06 02 340 993082 6UJbUQFA1G.jpg

MAKASSAR - Konsulat Konfederasi Swiss secara resmi dibuka di Makassar. Kantornya di Jalan Penghibur dalam kawasan Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan.

 

Duta Besar Swiss untuk Indonesia, Heinz Walker Nederkoorn di Makassar, Senin (2/6/2014), menyatakan pembukaan kantor konsulat ini bertujuan untuk memperkuat hubungan bilateral antara pemerintah Konfederasi Swiss dengan Republik Indonesia, khususnya Sulawesi, Maluku, dan Maluku Utara.

 

"Makassar dipilih sebagai kantor konsul karena merupakan pintu gerbang ke Indonesia bagian timur dan menjadi sentra produksi kakao terbesar di Indonesia," kata Nederkoorn.

 

Menurut dia, kantor ini adalah kantor representasi perwakilan Swiss di Indonesia setelah kantor Kedubes di Jakarta dan Konsulat Jenderal di Denpasar, Bali.

 

Nederkoorn berharap kantor konsulat Swiss di Makassar dapat mempermudah urusan perdagangan, pariwisata, pendidikan, dan lainnya.

 

"Dengan dipimpin Julia Pupella, hubungan Swiss dengan kawasan timur Indonesia bisa lebih erat dan meningkat lagi. Jika ada urusan yang berhubungan dengan pemerintah Swiss tidak harus diurus di Jakarta lagi," ujarnya.

 

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo menyambut baik kehadiran Konsulat Swiss di Makassar.

 

Menurut Syahrul, ini menjadi langkah penting dan strategis demi pembangunan Indonesia terutama di  kawasan Indonesia bagian timur.

 

"Sulsel memiliki berbagai potensi sumberdaya alam yang berlimpah. Selama beberapa tahun terakhir, perkembangan Sulsel maju pesat. Pertumbuhan ekonomi Sulsel selalu di atas 8 persen lebih tinggi dari rata-rata nasional. Sedangkan tingkat inflasi terbilang rendah," pungkas Syahrul.

 

Pembukaan kantor Konsulat Swiss turut dihadiri oleh Gubernur dan Wakil Gubernur se-Sulawesi, Maluku, dan Maluku Utara. Beberapa perwakilan negara sahabat seperti dari Jepang dan Republik Ceko juga datang.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini