Share

Awas! Ada Sanksi Bagi yang Tak Pakai Seragam Sekolah Baru

Ade Hapsari Lestarini , Okezone · Selasa 10 Juni 2014 10:52 WIB
https: img.okezone.com content 2014 06 10 560 996503 CLBFkIYB4Y.jpg Seragam sekolah wajib dipakai. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh akan memberikan sanksi bagi sekolah yang melanggar ketentuan peraturan seragam sekolah baru.

Aturan tersebut tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 45 Tahun 2014, tentang Pakaian Seragam Sekolah Bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.

"Bagi sekolah yang melanggar ketentuan dalam Permendikbud ini akan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku," tegasnya, mengutip laman Setkab, Selasa (10/6/2014).

Namun demikian, tambah Mendikbud, sebelum diberikan sanksi, telebih dahulu akan diklarifikasi kepada pihak sekolah mengapa pelanggaran tersebut bisa terjadi.

Seperti diketahui, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengeluarkan aturan baru mengenai pemakaian seragam sekolah di Indonesia. Seragam sekolah bagi peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah dibagi menjadi tiga, yaitu seragam nasional, seragam sekolah, dan seragam kepramukaan.

Pemakaian seragam sekolah format baru ini memiliki empat tujuan, yaitu untuk menanamkan dan menumbuhkan rasa nasionalisme, kebersamaan, serta memperkuat persaudaraan sehingga dapat menumbuhkan semangat kesatuan, dan persatuan di kalangan peserta didik.

Ikuti Try Out Online SBMPTN 2014 Hanya di Kampus Okezone

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini