Image

Tips Jadi Agen Asuransi Profesional

Rifa Nadia Nurfuadah, Jurnalis · Kamis 12 Juni 2014, 18:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 06 12 373 997838 HoWwlS0115.jpg CEO Zurich Topas Life Oemin Handajanto (Foto: Feri U/Okezone)

JAKARTA - Menjadi profesional berarti menjalani karier kita secara sungguh-sungguh. Bukan sekadar iseng dan mencoba-coba.

Prinsip ini berlaku untuk semua bidang karier, termasuk dalam profesi sebagai agen asuransi. Apalagi, agen asuransi memegang peran penting dalam urusan pengambilan keputusan dalam hidup seseorang. Dia bertugas memberikan saran dan bimbingan profesional agar seseorang dapat mengambil keputusan yang tepat ketika dia mau berurusan dengan perusahaan asuransi.

"Jika tidak profesional, maka klien pun tidak dapat memercayai agen tersebut," kata Presiden Direktur dan CEO Zurich Topas Life Oemin Handajanto, ketika bertandang ke kantor redaksi Okezone, Kamis (12/6/2014).

Oemin yang telah menggeluti dunia asuransi selama 25 tahun pun memiliki tips agar seseorang menjadi agen asuransi profesional.

1. Mengerti seluk beluk dunia kerjanya

Agen asuransi profesional harus mengerti betul segala hal tentang asuransi, manfaat asuransi hingga plus minus bidang ini.

"Seseorang yang terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya akan menjadi profesional dan kariernya pun akan berkembang," tutur Oemin.

2. Memberikan saran sesuai kebutuhan konsumen

Agen asuransi profesional harus memahami betul konsep consumer needs (kebutuhan konsumen). Dia juga harus memahami aspirasi konsumen secara finansial dan kemudian menerjemahkan aspirasi itu ke dalam perencanaan keuangannya. Misalnya, mengarahkan seseorang membeli suatu produk asuransi sesuai latar belakang keuangan dan kebutuhannya, termasuk memperhitungkan risiko yang harus dihadapi klien tersebut.

"Saran-saran yang jujur akan membuat konsumen percaya pada agen asuransi yang berperan sebagai penasihat mereka," papar sarjana manajemen dari Universitas Parahyangan, Bandung ini.

3. Tidak hanya berorientasi target

Agen asuransi yang profesional tidak hanya berorientasi target penjualan, tetapi membangun kepercayaan dan melayani klien dengan baik.

"Mental agen asuransi profesional harus diarahkan pada bagaimana saya melayani klien dengan baik dan sesuai kebutuhannya," tutur Oemin. 

Ikuti Try Out SBMPTN 2014 Hanya di Kampus Okezone

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini