Belajar Robot di Robot Soccer

Margaret Puspitarini, Okezone · Jum'at 13 Juni 2014 18:51 WIB
https: img.okezone.com content 2014 06 13 560 998540 m5wp2CyxfC.jpg Belajar robot di Robot Soccer. (Foto: Margaret Puspitarini/Okezone)

JAKARTA - Era digital membuat masyakarat hidup berdampingan dengan teknologi dan memanfaatkannya dalam berbagai bidang kehidupan. Oleh karena itu, pengenalan terhadap dunia digital, khususnya robotik harus dimulai sejak dini.

Hal itu yang kemudian mendasari Robotic Explorer menggelar event Robot Soccer di Mal Ciputra hingga akhir Juni 2014. Tema tersebut sengaja dipilih guna memanfaatkan euforia Piala Dunia yang sedang berlangsung.

Direktur Robotic Explorer Jully Tjindrawan mengungkapkan, pengenalan terhadap dunia robotik harus dilakukan sedini mungkin. Sehingga kelak akan mampu bersaing secara global.

"Setiap anak bangsa sudah saatnya masuk ke era digital dalam hal ini robot. Untuk menggali potensi dan membimbing anak-anak Indonesia untuk mencintai dan mempelajari ilmu robotika yang telah menjadi mata pelajaran inti hampir di seluruh dunia, serta membara Indonesia ke kancah kompetisi internasional," ujar Jully, di Mal Ciputra, Jakarta Barat, Jumat (13/6/2014).

Menurut Jully, setiap mainan anak harus memiliki nilai edukasi dan bukan sekali pakai. Demikian pula dengan robot. Dia mengaku, setiap robot telah disesuaikan dengan umur dan memiliki kurikulum pendidikan masing-masing.

"Merakit robot dapat melatih imajinasi mereka (anak-anak). Permainan harus ada added valuenya. Robotik sudah ada nilai pelajarannya karena sesuai dengan kurikulum," paparnya.

Pendapat senada juga diungkapkan General Manager Mal Ciputra Jakarta, Ferry Irianto. Dia menyebut, event tersebut dapat digunakan oleh para orangtua dan anak untuk mengisi waktu libur sekolah secara positif.

"Sebelum memasuki libur sekolah, Mal Ciputra Jakarta bersama Robotic Explorer ingin mengajak pengunjung, baik orangtua maupun anak-anak untuk turut merasakan kemeriahan Fifa World Cup 2014 dengan beragam aktivitas yang positif," tutur Ferry.

Dalam pembukaan acara, Robotic Explorer dan Mal Ciputra mengundang sekira 100 anak dari Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI) untuk merakit robot dan menikmati beragam permainan lainnya. Berlokasi di area Center court Mal Ciputra, para pengunjung dapat menjajal beragam kompetisi robotik serta melihat hasil karya mahasiswa Bina Nusantara University tentang robot dalam bentuk gambar.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini