Image

Harga Ikan Laut Turun Drastis

Syaiful Islam, Jurnalis · Senin 16 Juni 2014 22:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 06 16 523 999813 rU5Ph20n3d.jpg Ilustrasi ikan (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)

BANGKALAN - Harga ikan laut di sejumlah pasar tradisional yang ada di Kabupaten Bangkalan, Madura, turun drastis. Bahkan, penuruannya mencapai 50 persen. Tentu kondisi tersebut membuat nelayan tidak bisa meraup hasil yang maksimal.

 

Padahal, akhir-akhir ini hasil tangkapan ikan laut melimpah. Para nelayan tidak bisa berbuat banyak atas merosotnya harga ikan tersebut. Sebab, bila tidak dijual, maka ikan akan membusuk.

 

Untuk harga ikan laut dengan ukuran 15 cm sampai 20 cm sebelumnya dipatok Rp 10 ribu per ekor. Tapi, sekarang harganya hanya Rp7.500 per ekor. Untuk ikan kecil saat ini hanya dijual dengan harga Rp500 per ekor.

 

Padahal, sebelumnya harga ikan yang kecil dipatok Rp1.000 per ekor. Kondisi ini membuat nelayan tidak bisa merayakan hasil tangkapan ikan yang melimpah. Pasalnya, tidak diimbangi dengan harga jual ikan yang tinggi.

 

"Murah sekarang harga ikan. Masak ikan yang kecil hanya dibeli Rp 500 per ekor.  Padahal, kalau normal dijual dengan harga Rp 1.000 per ekor," terang salah seorang istri nelayan di Tanjung Bumi, Romlah, Senin (16/6/2014).

 

Menurut Romlah, dirinya terpaksa harus menjual hasil tangkapan ikan sang suami meski dengan harga murah. Karena bila tidak segera dijual, maka ikan akan membusuk. Pasalnya, tidak mempunyai kulkas untuk menyimpan.

 

"Kami berharap pemerintah setempat bisa menjamin harga ikan laut supaya stabil, tidak anjlok seperti sekarang," tandasnya.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini