nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ratusan Gedung di Jakarta Belum Berizin

Angkasa Yudhistira, Jurnalis · Kamis 19 Juni 2014 11:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 06 19 500 1001038 8mF47Tinrn.jpg Satpol PP bongkar bangunan liar (Foto: dok Okezone)

JAKARTA - Kepala Satpol PP DKI Kukuh Hadi Santoso mengaku sudah melayangkan surat peringatan pada sembilan pengelola gedung usaha yang tak memiliki izin usaha sesuai undang-undang gangguan (UUG) terutama di kawasan Jakarta Barat.

"Di Taman Palem, di Jakarta Barat itu banyak sekali. Di Taman Palem itu, Citra Garden Extension, ada Starbuck, ada Hoka Hoka Bento, ada Bakmi Gajah Mada. Itu nggak ada UUG-nya," ujar Kukuh, Jakarta, Kamis (19/6/2014).

Kukuh mengatakan, semenjak dirinya menjabat sebagai Kasatpol PP, ia baru tahu jika ratusan gedung di Jakarta belum mengurus izin UUG-nya. Padahal, bangunan-bangunan itu rata-rata sudah berdiri selama tiga sampai empat tahun.

"Tapi ada pula gedung yang baru beroperasi," imbuhnya.

"Orang-orang (anak buah) saya itu kan saya perintahkan cek. Kok saya merasa belum ada tanda tangan di situ. Padahal ini berdiri saat saya sudah jadi Kasatpol PP. Diteliti kembali, ternyata memang belum. Mungkin juga ada tempat lain. Ratusan yang belum. Mungkin masih tambah lagi karena kita masih tambah terus," jelasnya.

Dalam mengurus izin UUG, kata Kukuh, harus disertakan izin mendirikan bangunan (IMB), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), dan lainnya kemudian diserahkan kepada Satpol PP untuk ia tandatangani.

Setelah itu, pengelola gedung mengurus izin operasional ke Dinas Pariwisata. Namun, ia mengaku tak memahami dengan pasti apakah izin operasional dapat dikeluarkan meski izin UUG belum ada. "Kalau saya kan cuma urus izin tempat. Operasionalisasi, mau bikin konser atau apa itu bukan sama saya itu Dinas Pariwisata. Saya enggak tau. Saya cuma urus UUG saja," tuturnya.

(crl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini