Share

Bayar UKT, Mahasiswa Bisa Ganti yang Lebih Rendah

Rachmad Faisal Harahap, Okezone · Jum'at 20 Juni 2014 22:36 WIB
https: img.okezone.com content 2014 06 20 373 1001978 rF7OvOn1E8.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ternyata, mahasiswa yang membayarkan uang kuliah tunggal (UKT) per semester, bisa mengganti kelompok UKT-nya dengan angka yang lebih rendah lho.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud) dalam diskusi tentang Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) di Perpustakaan Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Jumat (20/6/2014).

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

Dia mengatakan, hal ini berlaku bila mahasiswa yang bersangkutan awalnya adalah mahasiswa dari keluarga mampu. Namun karena satu dan lain hal, misalnya jika orangtuanya mengalami kebangkrutan, maka kategori UKT-nya bisa diturunkan.

"Bisa saja, namun perlu ada verifikasi keadaan ekonomi keluarga mahasiswa yang bersangkutan," ujar Padnoto.

Kepala Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi UNJ, Sjachrian menambahkan, bila ada mahasiswa Universitas Negeri Jakarta yang mengalami hal seperti itu, bisa langsung menghadap kepadanya dan nanti akan dibantu untuk proses selanjutnya.

Sekadar diketahui, BOPTN merupakan bantuan yang diberikan oleh Kemendikbud bagi kegiatan operasional kampus yang bertujuan untuk memberikan keringanan pembiayaan bagi para mahasiswa yang kurang mampu. Pelaksanaannya dilakukan melalui penentuan pembayaran UKT per kategori.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini