Share

100 Mahasiswa Raih Beasiswa ke Uni Eropa

Margaret Puspitarini, Okezone · Sabtu 21 Juni 2014 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2014 06 21 373 1002184 65eOO180WB.jpg Saat beasiswa Eramus Plus dipaparkan Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Olof Skoog. (Foto: Margaret P/Okezone)

JAKARTA - Tahun ini, sebanyak 100 mahasiswa Indonesia menerima beasiswa dari Erasmus Mundus yang berganti nama menjadi Erasmus Plus (Erasmus+). Para mahasiswa tersebut akan segera berangkat ke berbagai negara Uni Eropa untuk menempuh pendidikan S-1 hingga S-3.

Hari ini, Sabtu (21/6/2014) ke-100 mahasiswa tersebut menerima sertifikat beasiswa Erasmus+ langsung dari Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Olof Skoog. Dalam kesempatan tersebut, Skoog mengucapkan selamat kepada para penerima beasiswa karena telah berhasil menembus seleksi ketat tersebut.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

Dia menyebut, beasiswa yang diperoleh para  mahasiswa tersebut merupakan kesempatan untuk membangun masa depan yang lebih baik. Semua ilmu yang diperoleh selama studi, lanjutnya, dapat dibawa kembali ke Indonesia dan digunakan untuk kebutuhan pembangunan Indoneasia.

"Kami berharap beasiswa ini dapat mendukung mereka untuk meningkatkan keahlian di bidang masing-masing dan sekembalinya ke Indonesia mereka dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan di Indonesia. Kami berharap mereka akan kembali dengan membawa kenangan yang indah tentang Eropa," kata Scoog di Hotel Kempinski, Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (21/6/2014).

Menurut Scoog, beasiswa tersebut tidak hanya membuka kesempatan bagi para pelajar Indonesia untuk menambah wawasan  dalam bidang akademik tapi juga memperkaya pengalaman mereka dalam bidang budaya. Sebab, lanjutnya, keanekaragaman Uni Eropa mendukung terciptanya pengalaman tersebut.

"Beasiswa Eropa ini memberikan kesempatan yang berharga untuk belajar tentang kebudayaan Eropa, bahasa, serta sistem akademik di berbagai perguruan tinggi terbaik di Eropa. Selain meningkatkan keahlian para mahasiswa, beasiswa ini juga bertujuan untuk memperkaya pengalaman hidup para generasi muda dan membantu meningkatkan saling pengertian dan keterbukaan antar manusia dan budaya," tutupnya.

Setiap tahunnya, negara-negara Uni Eropa memberikan sekira 1.700 beasiswa kepada mahasiswa dan Erasmus+ merupakan salah satu beasiswa tersebut. Sejak 2004, jumlah mahasiswa yang mengikuti program tersebut telah menembus angka 900 orang.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini