Share

Ada Intimidasi Alasan PSK & Mucikari Dolly-Jarak Enggan Ambil Kompensasi

Nurul Arifin, Okezone · Selasa 24 Juni 2014 15:21 WIB
https: img.okezone.com content 2014 06 24 519 1003460 XRzKZcioTG.jpg Lokalisasi Dolly masih buka usai ditutup Pemkot Surabaya

SURABAYA - Penyaluran dana kompensasi atas penutupan lokalisasi Dolly dan Jarak hingga sudah 349 pekerja seks komersial (PSK) dan 64 mucikari. Padahal pengambilan dana kompensasi ini diberikan tenggat waktu hingga Senin 23 Juni.

Kepala Bagian Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Pemkab Surabaya Deddy Sosialisto mengatakan, hari ini memang masih ada yang mengambil.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

"Tadi jam 11.00 WIB saya dapat data ada 10 PSK dan 1 Mucikari yang mengambil kompensasi di Koramil," kata Deddy kepada Okezone, Selasa (24/6/2014).

Deddy menduga, minimnya jumlah PSK dan Mucikari yang mengambil dana kompensasi ini karena ada aksi intimidasi dari pihak-pihak yang tidak sepakat dengan penutupan lokalisasi Dolly dan Jarak yang dilakukan oleh Pemkot.

Alhasil, mereka takut untuk mengambil dana tersebut. Dari sejumlah temuan-temuan itu akan dilaporkan ke Pemkot Surabaya, namun sampai saat ini belum ada perintah untuk menghentikan pemberian dana kompensasi.

"Sejak dimulai pembagian, sudah ada 349 PSK dan 64 Mucikari yang mengambil," jelasnya.

Deddy juga menyebut, dalam rentan lima hari memang ada beberapa PSK yang datang ke lokasi pengambilan dana, namun sekira 50 PSK itu tidak terdaftar di data base Pemkot Surabaya.

Mereka pun tidak bisa mengambil dana tersebut. Solusinya, lanjut Deddy, pihaknya tetap mendata yang kemudian dimintakan persetujuan lurah atau camat dan selanjutnya diajukan ke Kementrian Sosial (Kemensos) RI.

"Perkara nanti disetujui atau tidak tergantung kementrian. Kalau tidak disetujui ya berarti bukan rezeki mereka," ujarnya.

Deddy berharap kepada para PSK dan Mucikari untuk segera mengambil dana tersebut. Alasannya, jika program ini sukses maka Pemkot Surabaya segera melanjutkan program selanjutnya yakni alih fungsi lokalisasi Dolly dan Jarak.

Seperti diberitakan sebelumnya, paska deklarasi penutupan lokalisasi Dolly dan Jarak, Pemkot Surabaya memberikan dana kompensasi kepada 1.449 PSK dan 315 Mucikari di lokalisasi Dolly dan Jarak. Untuk PSK mendapatkan dana bantuan sebesar Rp5.050.000 dan Mucikari sebesar Rp5 Juta.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini