Image

Ini Cara Pemprov Jatim Antisipasi Lonjakkan Harga saat Ramadan

Nurul Arifin, Jurnalis · Selasa 24 Juni 2014 11:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 06 24 523 1003312 IpYpSefEFE.jpg Ilustrasi uang

SURABAYA - Skema Subsidi Ongkos Angkut masih diterapkan di Jawa Timur. Hal itu untuk menekan lonjakkan harga kebutuhan pokok saat Ramadan dan Lebaran.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo menyatakan, pada prinsipnya sistem ini telah digunakan sejak beberapa tahun terakhir menjelang dan saat bulan Ramadan dan hari raya. Pola ini dinilai sangat efektif untuk menekan lonjakkan harga.

"Saat ini sistim informasi ketersediaan bahan pokok di 110 pasar di Jawa Timur masih tetap jalan. Jumlah anggaran yang disediakan tergantung kebutuhan," kata pria yang kerap disapa Pakde Karwo itu, Selasa (24/6/2014).

Pakde Karwo menjelaskan, tahun lalu disediakan anggaran untuk subsidi ongkos angkut sebesar Rp12,5 miliar, namun saat dilaksanakan hingga usai lebaran anggaran terserap sebesar Rp11 miliar sedangkan tahun sebelumnya hanya terserap Rp9 miliar.

Ada beberapa hal yang menjadi sasaran subsidi ongkos angkut tersebut. Di antaranya, ongkos tenaga kerja, ongkos kendaraan dan ongkos Packing. Menurutnya, item-iten tersebut sangat mempengaruhi harga.

Ketika harga-harga melejit akan terjadi gejolak, terlebih lagi harga-harga tersebut adalah kebutuhan pokok ditambah dengan momen Ramadan dan Lebaran. "Sangat efektif, dan harga-harga bisa normal," katanya.

Mantan Sekda Pemprov Jatim itu berkelakar bahwa ide untuk melakukan subsidi ongkos angkut ini banyak daerah yang akan meniru.

"Saya lihat ada yang meniru pola Subsidi ongkos angkut itu. Di Banten, ada calon kepala daerah yang menyatakan akan melakukan subsidi ongkos angkut sebagai jargon kampanye," katanya.

Sementara untuk detail harga-harga kebutuhan pokok, Gubernur Jawa Timur telah memerintahkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) untuk melakukan pantauan di 110 Pasar di Jatim. "Yang jelas subsidi ongkos angkut masih digunakan untuk tahun ini," pungkasnya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini