Kampus UNY Diserbu Ratusan Robot

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Kamis 26 Juni 2014 12:29 WIB
https: img.okezone.com content 2014 06 26 373 1004424 3VBGCgNuGV.jpg Kampus UNY ramai dengan 104 robot berbagai jenis. Mereka merupakan peserta Kontes Robot Indonesia tingkat nasional. (Foto: dok. UNY)

JAKARTA - Selama empat hari, yakni pada 24-27 Juni 2014, kampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ramai dengan 104 robot berbagai jenis. Mereka merupakan peserta Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat nasional. 

Dikutip dari laman UNY, Kamis (26/6/2014), peserta KRI Nasional 2014 berasal dari 53 perguruan tinggi se-Indonesia. Mereka mewakili kampus masing-masing setelah lolos serangkaian seleksi, mulai dari proposal, seleksi video pembuatan robot dan seleksi kontes tingkat nasional.

Menurut Rektor UNY Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A., setiap kontestan KRI Nasional dituntut mampu membuat robot yang mampu melaksanakan tugas tertentu. "Untuk itu peserta harus mengeksplorasi kemampuan dalam perancangan, implementasi dan strategi," kata Rochmat.

Sementara itu, Ketua Panitia KRI, Dr. Budi Tri Siswanto, menjelaskan, KRI pertama kali dihelat pada 1994. Tahun ini merupakan penyelenggaraan KRI ke-16.

KRI melombakan empat divisi yaitu Divisi Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) dengan tema "Taman Bermain Anak Indonesia", Divisi Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Berroda dan Berkaki dengan tema "Kontes Robot Cerdas Pemadam Api", Divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) dengan tema "Liga Sepakbola Robot Humanoid" dan Divisi Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) dengan tema "Robot Penari Legong Kraton".

Sebagai informasi, Asia-Pacific Broadcasting Union (ABU) merupakan anggota organisasi penyiaran di kawasan negara Asia-Pasifik. Organisasi ini memiliki anggota lebih dari 100 stasiun televisi dan radio di 50 negara. Juara divisi ini akan mewakili Indonesia pada Kontes Robot International ABU ROBOCON 2014 di Pune, India, 24 Agustus 2014.

Selain berbagai tahapan lomba, KRI juga diisi dengan simposium dunia robotika Indonesia. Babak final KRI Nasional 2014 akan dihelat pada Jumat, 27 Juni di GOR UNY.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini