nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mahasiswa Kanada Ulik Habis Beyonce di Ruang Kelas

Rifa Nadia Nurfuadah, Jurnalis · Senin 07 Juli 2014 18:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 07 07 373 1009433 G6HROd5JvD.jpg University of Victoria di Kanada menawarkan mata kuliah tentang penyanyi RnB, Beyonce Knowles. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Beberapa kampus di Amerika Serikat menawarkan mata kuliah berdasarkan kehidupan publik figur ternama seperti Beyonce Knowles. Tak mau ketinggalan, University of Victoria di Kanada juga menawarkan mata kuliah serupa tentang penyanyi RnB itu.

Kelas ini akan tersedia tahun depan. Dalam akun twitter resminya dijelaskan bahwa mata kuliah tersebut akan mengeksplorasi bagaimana kita bisa melihat musik populer sebagai sebuah konstruksi budaya. 

Mahasiswa akan membahas awal karier Knowles sebagai penyanyi utama grup vokal Destiny's Child. Pembahasan perjalanan karier Knowles berlanjut hingga dia kini menjadi penyanyi kuat di dunia hiburan.

Dosen pengampu mata kuliah Beyonce Knowles Melissa Avdeeff, menjelaskan, kuliah ini dirancang untuk mengajak mahasiswa berpikir kritis tentang apa yang kebiasaan mereka dalam dengarkan musik dan menonton televisi. Sebab, Knowles memang sangat memerhatikan visualisasi dalam video musiknya.

"Ini adalah salah satu cara mengembangkan sudut pandang serta memahami mengapa dan bagaimana kita mendengarkan musik populer dan perannnya di masyarakat. Mata kuliah ini juga mengajak kita berpikir lebih kritis ketimbang hanya bertindak sebagai konsumen yang pasif," kata Avdeeff, seperti dinukil dari laman Huffington Post, Senin (7/7/2014).

Tetapi, mata kuliah ini tidak hanya tentang relevasi musik Knowles terhadap dunia musik. "Kami juga berbicara tentang potensinya sebagai feminis kulit hitam, atau berbicara tentang situasi budayanya di antara sejarah musik, perannya di masyarakat, atau bagaimana dia memengaruhi dan merefleksikan perubahan sosial," Avdeeff mengimbuhkan.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini