nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Golput, Anak Muda Tak Peduli Bangsa

Rachmad Faisal Harahap, Jurnalis · Rabu 09 Juli 2014 14:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 07 09 373 1010264 20XReykQ4p.jpg Jika anak muda Indonesia tidak peduli dengan pilpres, maka dia tidak peduli dengan masa depan bangsa.

JAKARTA - Jika anak muda zaman sekarang tidak peduli dengan pemilihan presiden (pilpres), maka dia tidak peduli dengan sistem pemerintahan Indonesia. Sebab, masa depan Indonesia ada di tangan anak muda.

Menurut mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) Deden Amwar, sangat penting bagi anak muda untuk mengikuti pemilu. Sebab, mau tidak mau yang akan menggantikan pemerintah di masa depan adalah anak-anak muda sekarang.

"Mereka harus berperan aktif, jadi anak muda harus terjun ke lapangan dalam pemilihan presiden. Mereka ikut berpartisipasi dalam berbagai kebijakan negara dengan ikut memilih dalam pemilu," ujar Deden saat dihubungi Okezone, baru-baru ini.

Hal senada diungkapkan mahasiswi Universitas Bung Karno (UBK), Eka Is Kurnianingsih. Menurutnya, sebagai penerus bangsa, anak muda memegang peranan besar untuk ikutan nyoblos. Apalagi, jumlah suara anak muda cukup besar.

"Kalau aja semua anak muda enggak ikut pemilu, sayang banget ratusan ribu suara hilang gitu aja. Dan yang lebih parah lagi, kalau sebagian besar pemuda golput terus kertas suaranya enggak diapa-apain, enggak menutup kemungkinan akan ada kecurangan menggunakan kertas suara tersebut," ucapnya.

Eka mengimbuhkan, bukannya berprasangka negatif ke KPU, tetapi kekhawatiran penyalahgunaan kertas suara kosong memang ada.

"Dan menurut saya, pemilu tahun ini termasuk pemilu yang genting. Seperti kita tahulah, black campaign terjadi di mana-mana dan siapa yang berambisi buat berkuasa makin kelihatan," ungkapnya.

Mahasiswi Ilmu Komunikasi itu menambahkan, pilpres ini merupakan penentuan dan perubahan besar untuk bangsa Indonesia. "Jangan sampai kita menyesal karena enggak menentukan pilihan di pemilu ini," tuturnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini