nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nyoblos di Luar Negeri Enggak Ribet

Margaret Puspitarini, Jurnalis · Kamis 10 Juli 2014 17:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 07 10 373 1011107 ZgZL8m0akR.jpg Nyoblos di Luar Negeri Enggak Ribet (Foto : ITB)

JAKARTA - Animo kaum muda dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden 2014 sangat tinggi. Tidak hanya di Indonesia, semangat untuk menggunakan hak politik tersebut juga terjadi pada mahasiswa Indonesia di luar negeri.

Gde Bimananda M W dan Bagus Hanindhito, contohnya. Dua mahasiswa Fakultas Teknik Institut Teknologi Bandung (ITB) itu tidak ingin suara mereka terbuang sia-sia sekalipun berada jauh dari Indonesia karena tengah mengikuti CERN Student Summer Programme di Geneva, Swiss.

Untuk menggunakan hak pilih mereka, dua mahasiswa itu mendatangi KBRI Bern. "Pemilu di sini sangat ramai, seluruh warga Negara Indonesia di Swiss sangat antusias dalam menyuarakan hak pilihnya. Selain itu, Pemilu juga menjadi ajang silaturahmi bagi WNI," tutur Bima, seperti dikutip dari laman ITB, Kamis (10/7/2014).

Selain Bima dan Bagus, ada pula mahasiswa ITB lainnya yang berkesempatan melaksanakan Pemilu di Bangkok, Thailand. Mereka adalah Ade Kusuma Putri dan Doni Widodo yang sedang mengikuti program kerja praktik di salah satu perusahaan petrokimia di Negeri Gajah Putih.

Menurut Ade, tidak masalah bagi mereka untuk menempuh jarak yang sangat jauh demi menggunakan hak pilih. "Demi Pemilu ini, kami rela menempuh dua setengah jam perjalanan dari tempat tinggal kami, Rayong, ke Bangkok," tutur Ade.

Doni menjelaskan, mengikuti Pemilu di negeri orang ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Para WNI cukup membawa paspor dan menyetujui surat yang menyatakan tidak akan menggunakan hak pilih di tempat lain.

"Pemilu di sini tidak memerlukan birokrasi yang berbelit-belit. Cukup membawa paspor dan menandatangani surat perjanjian tidak akan memilih di tempat pemungutan suara lain, kami sudah bisa menyuarakan hak pilih kami," papar Doni.

(mrg)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini