Image

Harga Sapi di Madura Meroket Jelang Lebaran

Syaiful Islam, Jurnalis · Minggu 13 Juli 2014, 05:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 07 12 523 1012075 QdhF1SMDyl.jpg Ilustrasi (Dok Okezone)

BANGKALAN- Menjelang Hari Raya Idul Fitri 2014, harga sapi di pasar hewan Tanah Merah, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, mulai merangkak naik. Diperkirakan harga sapi akan terus mengalami kenaikan hingga lebaran tiba nanti.

 

Untuk harga sapi yang berukuran besar, sebelumnya dipatok Rp17 juta per ekor. Kini, naik menjadi Rp17,5 juta per ekor. Sedangkan untuk ukuran sedang saat ini harganya Rp13 juta. Padahal, sebelumnya harga sapi yang berukuran sedang hanya dipatok Rp12 juta per ekor.

 

Harga sapi yang berukuran kecil ditetapkan Rp7 juta. Sebelumnya harga sapi yang kecil dipatok Rp6,5 juta. Kenaikan harga sapi tersebut diduga kuat karena menjelang Hari Raya Raya Idul Fitri.

 

Salah seorang pembeli sapi, Ahmad Rifai, menyatakan, dirinya tetap membeli sapi meskipun mengalami kenaikan pada harga. Sebab, ia sangat membutuhkan sapi buat lebaran nanti. Jika membeli mendekati lebaran, dikhawatirkan harga sapi bakal tinggi.

 

"Kalau lebaran keluarga yang merantau ke luar pulau datang semua, jadi di rumah banyak saudara. Nah itu lebih baik saya membeli sapi untuk disembelih. Dibandingkan membeli dagingnya di pasar untuk dimasak," terang Rifai, Sabtu (12/11/2014).

 

Disamping itu, sambung Rifai, juga akan dianterkan pada para tetangga dan kerabat. Ia membeli sapi yang berukuran sedang. Pasalnya, untuk membeli sapi yang besar uangnya tidak cukup karena harga sangat tinggi.

 

Hal tersebut dibenarkan staf pasar hewan Tanah Merah, Arifin. Ia menyatakan, harga sapi mengalami kenaikan memasuki pertengahan bulan Ramadan. Berdasarkan pengalaman harga sapi akan naik sampai H-2 lebaran.

 

"Jika sudah memasuki H-7 sampai H-2 lebaran harga sapi naiknya mencapai 20 sampai 30 persen. Karena orang perantauan datang semua dan banyak yang membeli sapi untuk dipotong," ucapnya.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini