Hati-Hati Ada Modus Penggalangan Dana untuk Palestina Bodong

Meli Puspita Efendi, Sindo TV · Selasa 15 Juli 2014 16:49 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 15 340 1013160 8MMx6lZ7GW.jpg Penggalangan dana (Ilustrasi, Dok Okezone)

PALEMBANG - Aksi solidaritas penggalangan dana bantuan untuk korban perang Palestina ternyata dimanfaatkan orang tidak bertanggung jawab.

Di Kota Palembang, ada aksi penggalangan dana yang dilakukan mahasiswa namun tidak diketahui penyalurannya. Ditenggarai aksi tersebut palsu atau bodong dan tidak memiliki izin untuk menggalang dana.

Ini terungkap dalam aksi penyisiran yang dilakukan petugas Satpol PP beserta anggota Polresta Palembang dan TNI di sejumlah jalan di Palembang, Selasa (15/7/2014).

Riza (17), salah seorang mahasiswa swasta di kota Palembang yang ditangkap, mengaku, aksi tersebut dilakukan secara spontan.

Mahasiswa yang meminta sumbangan di pinggir Jalan Sudirman, Lr Lebak Pakis, RT 23, Kelurahan 20 Ilir D IV, Kecamatan IT I, Palembang, itu bingung untuk menyalurkan dana sumbangan tersebut.

“Kami memang merencanakan untuk penggalangan dana untuk korban di jalur Gaza Palestina, namun kami tidak tahu harus disalurkan ke mana dana yang berhasil kami kumpulkan ini. Kami bergerak sendiri dan tidak mempunyai koordinator khusus untuk menyalurkan hasil sumbangan masyarakat,” akunya.

Terpisah, petugas unit Shabara Polresta Palembang, Bripka Aprizal, yang ikut dalam razia tersebut, mencurigai banyak aksi penggalangan dana bodong yang dilakukan oleh sejumlah oknum demi keuntungan pribadi di Kota Palembang.

“Penggalangan dana tanpa izin, ini sangat dilarang keras. Selain melakukan penipuan publik, para pelaku meraup untuk kepentingan mereka sendiri,” tegasnya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini