Share

Kurikulum 2013, Unpad Ubah Pengajaran Agama

Rachmad Faisal Harahap, Okezone · Kamis 17 Juli 2014 19:43 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 17 373 1014310 RBR3jdf3Hl.jpg Implementasi kurikulum 2013 juga sampai pada jenjang perguruan tinggi. Unpad adalah salah satu kampus yang menyesuaikan diri dengan kurikulum baru tersebut. (Foto: Rachmad Faisal/Okezone)

JAKARTA - Implementasi kurikulum 2013 juga sampai pada jenjang perguruan tinggi. Universitas Padjadjaran (Unpad) merupakan salah satu kampus yang menyesuaikan sistem pengajaran dengan kurikulum baru tersebut.

Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia mengatakan, salah satu perubahan dilakukan dalam kurikulum pendidikan agama. "Dalam pelajaran agama, materinya jangan hanya seputar agama, tetapi juga harus menanamkan nilai-nilai yang menjadi landasan perilaku," ujar Ganjar dalam diskusi di Gedung Sindo, Jakarta Pusat, Kamis (17/7/2014).

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Ketua Umum SBMPTN 2014 itu mencontohkan, agama mengajarkan bahwa kebersihan sebagian dari iman. Prinsip ini bisa diaplikasikan melalui perilaku membuang sampah pada tempatnya. Ini berarti, orang tersebut telah mempelajari agama.

"Selain itu, kita memberikan toleransi dalam hal perbedaan," imbuhnya. 

Kurikulum 2013 yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga bertujuan membangun kepribadian anak didik. Misalnya melalui diskusi dan interaksi.

"Saya sering mengatakan universitas ini adalah tempatnya orang-orang yang ingin berpikir. Tidak hanya ilmu, mereka juga berpikir dalam mencapai tujuan kuliah,  misalnya ingin mencari kerja," ucapnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini