nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

14 Kapak Kuno Ditemukan di Bondowoso

Riski Amirul Ahmad, Jurnalis · Sabtu 19 Juli 2014 02:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 07 19 522 1014976

BONDOWOSO - Warga Dusun Sumbercanting, Desa Sukorejo, Kecamatan Sumberwringin, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, dikejutkan dengan penemuan artefak purba berupa batu berbentuk kapak, Jumat (18/7/2014). Lempeng kapak batu tersebut diperkirakan peninggalan sejarah era Kerajaan Majapahit.

 

14 lempeng kapak batu kuno yang diperkirakan berumur ribuan tahun ini ditemukan seorang warga bernama Harry (45), warga Dusun Sumbercanting. Penemuan bermula saat Harry menggali lubang dan secara tidak sengaja cangkulnya membentur benda keras. Merasa penasaran Harry mencangkul lebih dalam dan akhirnyadi dalam gundukan tanah yang digalinya tampak sebuah batu lonjong yang setengah bagiannya pipih.

 

Ukuran batu kapak yang ditemukan Harry bervariasi, yang terbesar dengan panjang satu meter dan lebar 25 sentimeter. Sementara yang terkecil panjang enam sentimeter dengan lebar tiga sentimeter.

 

Pengamat dan Penyelamat Cagar Budaya, Muhlas Adi Sucipto, yang datang ke lokasi penemuan, menyatakan akan membawa benda kuno tersebut ke Dinas Pariwisata Bondowoso. Guna memastikan jenis benda yang ditemukan, Dinas Pariwisata Kabupaten Bondowoso akan memanggil tim arkeologi dari Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Trowulan.

 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, di Bondowoso memang seringkali ditemukan benda-benda kuno bersejarah maupun pra sejarah. Diduga kuat masih banyak situs-situs sejarah yang masih belum ditemukan di Kabupaten Bondowoso.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini