Share

Fadli Zon: Prabowo Masih Calon Presiden

Fadhli Harahap, Okezone · Rabu 23 Juli 2014 02:36 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 23 567 1016674 0uIiSxtHGq.jpg Fadli Zon tegaskan, Prabowo masih calon presiden (Ilustrasi Okezone)

JAKARTA - Sekretaris Jendral DPP Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Fadli Zon menegaskan Prabowo Subianto tidak mengundurkan diri dari posisinya sebagai calon presiden. Namun, hanya mengundurkan diri dari proses penetapan rekapitulasi suara yang dilakukan KPU, Selasa 22 Juli 2014.  

 

"Untuk meluruskan kesimpangsiuran terkait pernyataan Prabowo yang mengatakan mengundurkan diri dari proses rekapitulasi KPU, rasanya kami perlu untuk menjelaskan hal ini," kata Fadli, saat jumpa pers, di Apartemen Belagio Mansion, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (23/7/2014).

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

 

Menurutnya, hal itu dilakukan, lantaran, pihaknya menilai proses pelaksanaan Pilpres 2014 yang diselenggarakan KPU bermasalah, tidak demokratis dan banyak penyimpangan maupun kecurangan.

 

"Tim kami telah menempuh jalan yang ada, termasuk melaporkan ke KPU dan Bawaslu agar masalah-masalah kecurangan yang terjadi di sejumlah daerah, dapat diselesaikan terlebih dahulu," ujarnya.

 

Namun, lanjutnya, pihak KPU tak menggubris tuntutan yang merupakan hak konstitusionalnya. Sehingga Pilpres tersebut tidak sesuai dengan azas mandiri, jujur, adil, kepastian hukum, tertib, kepentingan umum, keterbukaan, proporsionalitas, dan akuntabilitas.

 

"Dengan alasan tersebut, Prabowo Subianto menyatakan sikap menolak hasil penetapan rekapitulasi nasional, karena proses yang dilakukan KPU tidak adil dan tidak jujur," Pungkasnya.

 

Seperti diketahui, dalam proses pemungutan suara 9 Juli lalu, saksi-saksi pasangan Prabowo-Hatta menemukan kecurangan sistematis, terstruktur dan terencana di beberapa daerah seperti Jawa Timur, Jawa Tengah dan Sumut.

(hol)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini