Share

Rektor Unpad: Jangan Takut Tuhan Saat Ramadan Saja

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Senin 28 Juli 2014 14:15 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 25 373 1018006 RGI9YPyAK3.jpg Ramadan merupakan bulan pelatihan dan menambah porsi ibadah. Hasil pelatihan ini pun harus terlihat di bulan-bulan lainnya.

JAKARTA - Setelah sebulan penuh berpuasa, apa yang kita dapatkan? Kemampuan menahan lapar dan haus seharian, atau peningkatan kualitas ibadah kepada Allah SWT?

Menurut Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) Prof. Ganjar Kurnia, bulan Ramadan sebenarnya hanya pengulangan rutinitas tahunan. Ganjar pun melihat Ramadan sebagai bulan pelatihan, berpuasa, salat tarawih dan menambah porsi ibadah selama sebulan penuh.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

"Dan seharusnya, hasil puasa tercermin di 11 bulan berikutnya. Jangan sampai kita khusyuk berpuasa dan takut bocor karena dilihat Tuhan hanya pada bulan Ramadan," ujar Ganjar, ketika berbincang dengan Okezone, belum lama ini.

Pria kelahiran Bandung, 58 tahun silam itu, mengingatkan, memaknai bulan penuh berkah bukan berarti melupakan bulan lain di luar Ramadan. Harusnya, kualitas ibadah kita di luar bulan Ramadan juga tetap baik.

"Jangan hanya merasa dikontrol dengan puasa. Kenyataannya, Tuhan ada setiap saat," imbuhnya.

Sedangkan momen Idul Fitri bagi pegiat budaya Sunda itu adalah saatnya berkumpul dengan keluarga, saudara dan teman-teman. Setiap tahun, Unpad menggelar acara halal bihalal yang dihadiri civitas akademikanya.

"Selain di kampus, saya juga berkumpul dengan keluarga, teman-teman dan pimpinan universitas di rumah. Ya, semacam open house," tutur Ganjar.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini