nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2 Stasiun Baru Segera Dibangun di Bekasi

Djamhari, Jurnalis · Kamis 07 Agustus 2014 15:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 08 07 501 1021311 zKp6q06gzx.jpg Ilustrasi kereta api (Dok Okezone)

BEKASI - PT Kereta Api Indonesia (KAI) bakal membangun dua Stasiun Kereta Api baru diwilayah Bekasi, Jawa Barat. Pembangunan ini untuk mendukung pengoperasian jalur Double-Double Track (DDT) Manggarai-Cikarang.

 

Dari informasi yang didapatkan, nantinya, dua stasiun baru itu akan dibangun di sekitar Taman Makam Pahlawan, Bulak Kapal, Bekasi Timur, Kota Bekasi dan Stasiun Telaga Asih yang berada antara Stasiun Cibitung dan wilayah Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi.

 

"Untuk menunjang DDT Manggarai-Cikarang, kami segera membangun dua stasiun baru tahun ini, pembangunan DDT sendiri masih berlangsung dan ditarget secepatnya rampung," ujar Kepala Stasiun Bekasi, Teguh Budiono, Kamis (7/8/2014).

 

Selain pembangunan dua stasiun dan pembangunan DDT, kata Teguh, stasiun yang ada saat ini juga akan dilakukan perombakan dan renovasi demi meningkatkan pelayanan jasa transportasi massal kereta api diwilayah Bekasi dan sekitarnya. "Kami juga akan merenovasi stasiun lama dan segala infrastruktur penunjangnya juga kami perbaiki," katanya.

 

Dijelaskan olehnya, stasiun yang akan direnovasi itu di antaranya Stasiun Tambun dan Cikarang. Sementara khusus untuk Stasiun Bekasi, kata dia, bakal dirombak total. Infrastrukturnya bakal diubah menjadi dua tingkat seperti di Stasiun Tanah Abang, Jakarta.

 

Diakui Teguh, di Stasiun Tanah Abang penumpang kereta api yang hendak naik kereta harus ke lantai dua untuk membeli tiket dan kemudian turun kembali ke peron untuk naik KRL Comuter Line maupun nantinya kereta cepat ke Jawa Barat dan wilayah Jawa Tengah maupun Jawa Timur.

 

Lebih jauh, untuk pelaksanaannya, nantinya Kereta Api Listrik Comutterline yang saat ini hanya sampai stasiun Bekasi bakal diperluas sampai stasiun Cikarang dan setiap stasiun mulai dari Cikarang hingga ke Manggarai KRL Comuter Line bakal berhenti mengangkut penumpang.

 

"Rencana ini akan kita mulai 2019 mendatang dan mesti sudah bisa dioperaikan. Jadi, saat ini sedang dalam tahap pembangunan kontruksi," ungkapnya.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini