nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hanya Butuh Waktu Dua Bulan untuk Membuat 6 Patung Presiden

Prabowo, Jurnalis · Jum'at 08 Agustus 2014 14:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 08 08 514 1021772 hJkvCwzs5y.jpg Butuh Waktu Dua Bulan untuk Membuat 6 Patung Presiden (Foto: PRabowo/okezone)

YOGYAKARTA - Membuat replika patung orang hidup ternyata tidak sulit bagi Yusman, seniman yang tinggal di Kasihan, Bantul, DI. Yogyakarta.

Dia mendapat pesanan membuat patung enam Presiden RI mulai dari Ir Soekarno, HM Soeharto, BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarno Putri, dan Susilo Bambang Yudhoyono.

Waktu pembuatannya pun hanya dua bulan, dan akan berakhir akhir bulan Agustus ini. Rencananya, enam patung Presiden RI itu bakal dipajang Istana Kepresidenan Bogor.

Saat ini, pembuatan patung berbahan perungu itu masuk tahap akhir. Pihak keluarga presiden juga diminta melihat langsung hasil karyanya sebelum selesai pembuatan. Patung tersebut dibuat lebih besar dari ukuran sebenarnya.

"Patung sudah sesuai dengan pesanan. Tinggi badan ditambah separuhnya sehingga terlihat lebih besar dari tinggi aslinya, misal tinggi aslinya 160 ya ditambah 80 cm untuk pembuatannya," jelas Yusman, Jumat (8/8/2014).‬

Dia mengaku kendala utama dalam pembuatan patung tersebut adalah waktu. Idealnya, untuk menyelesaikan satu patung tersebut membutuhkan waktu satu bulan, namun dia tetap mampu mengerjakan hingga akhir meski harus bekerja siang malam.

"Kendalanya itu waktu, makanya membuatnya ngebut," ujar alumnus Jurusan Seni Patung Institus Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta itu.

Dia mengaku sudah pernah membuat replika patung Soeharto, Presiden RI 2. Sementara untuk patung lainnya, baru kali ini pembuatannya. Pembuatan patung Soeharto dilakukan pada 1992 dan 2010.

"Dari semua patung yang paling berkesan itu Pak Harto (panggilan Soeharto). Kalau melihat senyumnya itu terasa nyaman, senyum seorang Jendral Besar," katanya.

Enam patung Presiden RI itu dibuat sesuai karakter dan momen penting. Misalnya, Soekarno dengan tangan kanan yang mengangkat ke atas saat berpidato. Kemudian Pak Harto dengan senyumnya, BJ Habibie dengan karakter tangan dan matanya.

Selanjutnya, Megawati yang tangan kanannya mengepal ke atas. Abdurrahman Wahid alias Gus Dur saat melambaikan tangan sambil tertawa lepas. Dan SBY pada momen menjabat presiden pertama.

"Pembuatan patung ini sudah didiskusikan dengan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Wiendu Nuryanti dan diterima karena menarik perhatian masyarakat. Keluarga dan perwakilan dari lima presiden juga sudah menyetujuinya," tutupnya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini