nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPK Periksa 2 Anggota DPR Terkait Korupsi Haji

Nina Suartika, Jurnalis · Jum'at 15 Agustus 2014 11:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 08 15 339 1024911 HIgw9imZl7.jpg KPK (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami dugaan korupsi dana penyelenggaraan ibadah haji tahun 2012-2013 dengan tersangka mantan Menteri Agama, Suryadharma Ali.

Hari ini KPK menjadwalkan pemeriksaan terhadap dua anggota Komisi VIII DPR RI Nurul Iman Mustofa dan Said Abdullah. "Keduanya diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SDA (Suryadharma Ali)," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Priharsa Nugraha di Jakarta, Jumat (15/8/2014).

Selain keduanya, KPK menjadwalkan pemeriksaan terhadap mantan anggota DPR Zulkarnain Djabar dan pegawai PT Al-Amin, Meryam. PT Al-Amin merupakan biro perjalanan ibadah haji. PT ini diduga milik Wakil Ketua Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR), Melani Leimena Suharli.

PT Al-Amin disebut-sebut oleh sebagian anggota DPR yang pernah diperiksa dalam perkara ini. Sebelumnya, anggota DPR dari Fraksi PPP, Irgan Chairul Mahfiz mengaku telah menyetorkan uang ke biro perjalanan Al Amin yang tidak diketahui pemiliknya. Dia mendaftarkan diri sebagai calon jemaah haji pada tahun 2012.

Terkait penyelenggaraan ibadah haji ini, KPK telah menetapkan Suryadharma Ali sebagai tersangka. SDA diduga telah melakukan menyalahgunaan wewenang atau perbuatan melawan hukum yang menimbulkan kerugian negara.

(ded)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini