Nepal-India Banjir, 160 Orang Meninggal

Hendra Mujiraharja, Okezone · Senin 18 Agustus 2014 14:56 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 18 413 1026133 mKEuf5zweF.jpg Tim SAR berusaha menyelamatkan warga korban banjir di Nepal. (foto: Reuters)

UTTAR PRADESH – Hujan deras membuat wilayah Nepal dan India bagian utara dilanda banjir. Bencana alam itu pun menyebabkan 160 orang meregang nyawa.

 

Di Nepal, pihak penjabat setempat mengatakan total ada101 orang yang menjadi korban setelah petugas penyelamat menemukan empat anggota tubuh lagi. Sementara itu, 130 orang lainnya dinyatakan hilang.

 

Selain di Nepal, hujan deras juga melanda India bagian utara. Tragedi itu membuat 60 orang meninggal dunia dan seluruh masyarakat di desa tersebut terdampar. Hujan deras itu kemungkinan segera berakhir.

 

Tanah longsor dan banjir telah menghancurkan perumahan masyarakat hampir di seluruh wilayah tersebut. Bahkan, penjabat di Nepal menyuarakan kekhawatiran tentang wabah penyakit kolera.

 

Helikopter telah dikirim untuk mereka yang terdampar karena bencana alam ini. Tercatat, lebih dari 1.500 desa terendam di negara bagian Uttar Pradesh, India. Di tempat itu, 28 orang meninggal dan ribuan lainnya harus kehilangan rumah tinggal.

 

"Situasi banjir muncul menyusul hujan deras di Nepal yang menyebabkan meluapnya sungai yang berasal dari wilayah Himalaya, termasuk Tibet dan Nepal," demikian jelas Kepala Sekretaris Uttar Pradesh Alok Ranjan, seperti dikutip dari Reuters, Senin (18/8/2014). (hmr)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini